KARTU SOAL
MUATAN PANCASILA
Kelas/Semester | : IV/1 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
Tahun Ajaran | : 2022/2023 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
NO | Elemen | Tujuan Pembelajaran (TP) | Materi | Soal | Kunci Jawaban | Bobot | |||||||||||||||||||||||||||||
1. | Pancasila | Memahami proses yang terjadi dalam perumusan Pancasila sebagai dasar Negara Indonesia. | Perumusan Pancasila | BPUPK merupakan badan penyelidik usaha persiapan kemerdekaan yang dibentuk atas dasar ....
| C | 1 | |||||||||||||||||||||||||||||
2. | Salah satu dari tugas utama BPUPK adalah ....
| A | 1 | ||||||||||||||||||||||||||||||||
3. | Sidang BPUPKI dilaksanakan sebanyak dua kali sidang resmi dan satu kali sidang tak resmi. Sidang pertama BPUPKI pada tanggal 29 Mei sampai 1 Juni 1945 membahas tentang ....
| B | 1 | ||||||||||||||||||||||||||||||||
4. | Tokoh kemerdekaan yang menjadi ketua dan wakil ketua panitia sembilan adalah ....
Wedyodiningrat
| A | 1 | ||||||||||||||||||||||||||||||||
5. | Berdasarkan hasil sidang PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945, rumusan Pancasila sebagai dasar negara tercantum dalam pembukaan UUD 1945 alenia ....
| D | 1 | ||||||||||||||||||||||||||||||||
6. | Dalam perumusan dasar negara, banyak sekali pendapat yang diajukan oleh para tokoh kemerdekaan, namun keputusan tetap dihasilkan melalui jalan musyawarah yang panjang sehingga disepakatilah dasar negara pancasila. Hal ini menunjukkan bahwa para tokoh kemerdekaan tersebut mengedepankan nilai ....
| B | 1 | ||||||||||||||||||||||||||||||||
7. | Dalam merumuskan dasar negara, penekanan nilai semangat persatuan dan kesatuan sangat diutamakan oleh para pendiri bangsa. Hal ini dibuktikan dengan ....
| D | 1 | ||||||||||||||||||||||||||||||||
8. |
| Memahami makna sila-sila Pancasila | Makna Sila-sila Pancasila | Pancasila adalah landasan ideologi bangsa Indonesia dan menjadi dasar negara yang tercantum dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Sejak 1 Juni 1945, Pancasila memiliki kedudukan yang sangat penting. Saat itu Ir. Soekarno mengemukakan konsep Pancasila untuk dasar negara dalam pidato di sidang BPUPKI. Pancasila terdiri dari kata panca berarti lima dan sila yang artinya prinsi atau asas, yang berarti lima dasar. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang religius yaitu bangsa yang beriman dan bertakhwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, hal ini merupakan makna sila Pancasila....
| A | 1 | |||||||||||||||||||||||||||||
9. |
| Menjelaskan contoh penerapan sila Pancasila dalam kehidupan sehari hari sesuai dengan perkembangan dan konteks peserta didik. | Contoh penerapan sila Pancasila dalam kehidupan sehari hari sesuai dengan perkembangan dan konteks peserta didik. | Perhatikan gambar berikut! Berilah tanda centang (√) pada pilihan yang tersedia (jawaban boleh lebih dari satu) Contoh penerapan sila pancasila berdasarkan gambar di atas dalam lingkungan keluarga adalah..... Giat belajar agar dapat menyenangkan keluarga Mengikuti upacara bendera setiap hari Senin Prilaku rasa hormat kepada anggoa keluarga yang lebih tua dan menghargai anggota keluarga yang lebih muda. Selalu menjaga kerukunan dengan sesama anggota keluarga. Melaksanakan piket bersama teman-teman sesuai jadwal yang sudah ditetapkan sebeleum masuk kelas da setelah selesai pembelajaran. |
Mengikuti upacara bendera setiap hari Senin
Melaksanakan piket bersama teman-teman sesuai jadwal yang sudah ditetapkan sebeleum masuk kelas da setelah selesai pembelajaran. | 3 | |||||||||||||||||||||||||||||
10. |
| Berilah tanda centang (√) pada pilihan yang tersedia (jawaban boleh lebih dari satu) Berikut ini sikap yang sesuai dengan Pancasila sila ke-4 adalah.... Menghargai pendapat teman yang lain saat mengikuti pelajaran di kelas Belajar berani menyampaikan pendapat di kelas Mengikuti upcara bendera pada hari Senin Mengikuti diskusi di kelas dengan aktif Mengikuti misa pada hari Minggu di Gereja |
Mengikuti upcara bendera pada hari Senin
Mengikuti misa pada hari Minggu di Gereja | 3 | |||||||||||||||||||||||||||||||
11. | Undang-Undang Dasar Negara Republik Indoneia Tahun 1945 | Memberikan contoh pelaksanaan norma di lingkungan sekitarnya. | Norma dalam Masyarkat | Norma merupakan kaidah atau aturan yang harus dipatuhi oleh setiap manusia dalam menjalankan berbagai aktivitas kehidupannya dalam lingkup ....
| D | 1 | |||||||||||||||||||||||||||||
12. | Ciri-ciri norma | Salah satu ciri- ciri dari norma adalah bersifat dinamis, artinya ....
| C | 1 | |||||||||||||||||||||||||||||||
13. |
| Hal yang menjadi latar belakang diperlukannya adanya norma dalam kehidupan adalah ....
| C | 1 | |||||||||||||||||||||||||||||||
14. |
| Pelanggaran terhadap norma agama dapat berdampak pada diri sendiri dan juga orang lain. Salah satu perilaku yang dapat dipupuk agar terjaga dari sikap yang melanggar norma agama adalah ....
| C | 1 | |||||||||||||||||||||||||||||||
15. | Norma Agama | Di bawah ini pernyataan yang tepat tentang manfaat penerapan norma agama bagi diri pribadi adalah ....
| B | 1 | |||||||||||||||||||||||||||||||
16. |
| Agar kita tidak melanggar norma maka kita dapat bersikap dan berperilaku ....
| C | 1 | |||||||||||||||||||||||||||||||
17. |
| Penyelenggaraan negara oleh pemerintah agar sesuai dengan aturan yang berlaku maka harus berdasarkan kepada norma ....
| D | 1 | |||||||||||||||||||||||||||||||
18. | Memberikan contoh pelaksanaan norma hukum | Norma hukum | Di bawah ini yang tidak termasuk dalam sifat norma hukum adalah ....
. | D | 1 | ||||||||||||||||||||||||||||||
19. | Menunjukkan sikap dalam lingkungan keluarga | Sikap dalam keluarga | Agar tidak terjadi gesekan antaranggota keluarga di rumah, maka hal yang dilakukan adalah ....
| B | 1 | ||||||||||||||||||||||||||||||
20. | Mengidentifikasi hak sebagai warga sekolah | Hak | Selain kewajiban siswa dalam mematuhi aturan sekolah, siswa juga akan mendapatkan haknya sebagai siswa, diantaranya sebagai berikut ini, kecuali ....
| C | 1 | ||||||||||||||||||||||||||||||
21 | Menyajikan kewajiban sebagai warga sekolah | Kewajiban | Salah satu contoh bentuk toleransi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara adalah ....
| B | 1 | ||||||||||||||||||||||||||||||
22. | Menyajikan hak sebagai warga sekolah | Hak | Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 22-23! Joni adalah anak yang sangat pandai di kelasnya, dia selalu mendapatkan nilai yang bagus. Pada saat guru wali kelas berhalangan dan tidak masuk kelas, dia selalu memanfaatkan waktu dengan belajar atau membaca buku usai menyelesaikan tugas yang diberikan guru. Joni sangat disiplin mengumpulkan tugas yang diberikan oleh gurunya. Di sekolah Joni jarang bermain hal-hal yag dianggap kurang penting, dia selalu memanfaatkan fasilitas sekolah untuk memperkaya ilmu dan mengasah keterampilan, seperti: membaca buku untuk mencari referensi di perpustakaan jika ada tugas dari guru, meminjam gitar sekolah pada jam istirahat, dan rutin mengikuti olahraga futsal pada kegiatan sore hari. Dia juga selalu melaksanakan piket kelas dengan baik. Joni selalu melunasi uang sekolah tepat waktu sehingga tidak pernah diusir dari sekolah untuk menagih uang pada orang tua. Joni sangat disayangi oleh guru dan menjadi panutan bagi teman-temannya. Berilah tanda centang (√) yang merupakan contoh hak dalam cerita di atas. Joni mendapatkan nilai yang bagus Joni selalu memanfaatkan fasilitas sekolah untuk memperkaya ilmu dan mengasah keterampilan Joni menyelesaikan tugas yang diberikan guru tepat waktu Joni selalu melunasi uang sekolah tepat waktu Joni sangat disayangi oleh guru |
Joni menyelesaikan tugas yang diberikan guru tepat waktu Joni selalu melunasi uang sekolah tepat waktu
| 3 | ||||||||||||||||||||||||||||||
23. | Menyajikan kewajiban sebagai warga sekolah | Kewajiban | Berilah tanda centang (√) yang merupakan contoh kewajiban dalam cerita di atas. Joni adalah anak yang sangat pandai di kelasnya Joni selalu memanfaatkan fasilitas sekolah untuk memperkaya ilmu dan mengasah keterampilan Joni menyelesaikan tugas yang diberikan guru tepat waktu Joni selalu melunasi uang sekolah tepat waktu Joni sangat disayangi oleh guru | Joni adalah anak yang sangat pandai di kelasnya Joni selalu memanfaatkan fasilitas sekolah untuk memperkaya ilmu dan mengasah keterampilan
Joni sangat disayangi oleh guru | 2 | ||||||||||||||||||||||||||||||
24. |
| Contoh hak dan kewajiban | Berilah jawaban dengan memberikan tanda centang (√) pada pilihan yang benar.
|
| 4 | ||||||||||||||||||||||||||||||
25. | Menyajikan keberagaman sosial budaya di lingkungan sekitar. | Musyawarah | Untuk memperoleh keputusan bersama, maka dalam musyawarah harus .....
| A | 1 | ||||||||||||||||||||||||||||||
26. | Sikap yang harus dihindari untuk mewujudkan suatu kesepakatan atas permasalahan melalui musyawarah adalah ....
| B | 1 | ||||||||||||||||||||||||||||||||
27. | Mengidentifikasi keberagaman sosial budaya di lingkungan sekitar. | keberagaman sosial budaya di lingkungan sekitar | Sikap saling menghargai dan menghormati budaya daerah akan meningkatkan....
| C | 1 | ||||||||||||||||||||||||||||||
28. |
|
| Musyawarah dilakukan untuk mencapai mufakat. Dalam proses musyawarah, setiap peserta memiliki hak untuk memberikan pendapatnya. Tidak jarang, beberapa pendapat yang disampaikan saling bertentangan. Apa yang kamu lakukan jika terjadi pertentangan pendapat dalam musyawarah? | Mencari solusi dengan mempertimbangkan alasan yang masuk akal | 3 | ||||||||||||||||||||||||||||||
29. |
|
| Tuliskan tiga (3) contoh hak siswa di rumah! |
| 3 | ||||||||||||||||||||||||||||||
30. |
|
| Tuliskan tiga (3) contoh kewajiban siswa di sekolah! |
| 3 | ||||||||||||||||||||||||||||||
Mengetahui | Naru, 28 Novemberber 2022 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kepala SDK Naru | Wali Kelas IV | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
Martinus Seo | Senobius Mbasu, S.Pd | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
NIP. 196304142000121005 |