KD dan Indikator Kelas 5 Semester 1 Tema 5

Salah satu tugas pokok seorang guru adalah menyusun RPP. Dalam menyusun RPP, yang perlu kita siapkan terlebih dahulu adalah melakukan pemetaan KD dan Indikator. Kali ini penulis akan membagikan KD dan Indikator semester 1 Kelas 5 Tema 5 sekedar menjadi referensi bagi para guru yang sedang menyusun perangkat pembelajaran. Pada postingan Sebelumnya penulis sudah mengupload pemetaan KD dan Indikator Tema 1Tema 2, Tema 3, Tema 4Pada kali ini penulis akan berbagi pemetaan KD dan Indikator Tema 5 kelas 5 Sd

Sekian saja yang penulis bagikan kali ini, apabila ada kritik dan saran mohon ditulis pada kolom komentar.

KD dan Indikator Kelas 5 Tema 4

Membuat Rencana Pelaksanaan merupakan salah satu tugas pokok seorang guru.  Dalam menyusun RPP tentunya yang perlu kita siapkan terlebih dahulu adalah melakukan pemetaan KD dan Indikator. Kali ini penulis akan membagikan KD dan Indikator semester 1 Kelas 5 Tema 2 sekedar menjadi referensi bagi para guru yang sedang menyusun perangkat pembelajaran. Pada postingan Sebelumnya penulis sudah mengupload pemetaan KD dan Indikator Tema 1, Tema 2, Tema 3
Penulis akan membagikan pemetaan KD dan Indikator Tema 4 kelas 5 semoga menjadi referensi yang bermanfaat bagi para guru yang saat ini sedang mencari referensi.
Apabila ada kritik dan saran mohon ditulis pada kolom komentar sebagai bahan perbaikan untuk penulis.
Download Pemetaan KD dan Indikator Tema 4 Kelas 5

Baca juga:
Apabila ada saran dan Kritikan, mohon ditulis pada kolom komentar sebagai bahan perbaikan bagi penulis. Terimakasih

KD dan Indikator Kelas 5 Tema 2

Sebelum membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), tentunya yang perlu kita siapkan terlebih dahulu adalah melakukan pemetaan KD dan Indikator. Kali ini penulis akan membagikan KD dan Indikator semester 1 Kelas 5 Tema 2 sekedar menjadi referensi bagi para guru yang sedang menyusun perangkat pembelajaran. Pada postingan Sebelumnya penulis sudah mengupload pemetaan KD dan Indikator Tema 1. 
Untuk diketahui bahwa kelas 5 semester 1 terdiri dari lima Tema, yaitu : Tema 1, Tema 2, Tema 3, Tema 4, dan Tema 5Kali ini penulis ingin membagikan Pemetaan KD dan Indikator Tema 2  Kelas 5. Semoga bermanfaat.
Kritik dan saran mohon ditulis pada kolom komentar sebagai bahan perbaikan untuk penulis. 
Download KD dan Indikator Tema 2


KD dan Indikator Kelas 5 Tema 1

Sebelum membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), tentunya yang perlu kita siapkan adalah melakukan pemetaan KD dan Indikator. Kali ini penulis akan membagikan KD dan Indikator semester 1 Kelas 5 sekedar menjadi referensi bagi para guru yang sedang menyusun perangkat pembelajaran.
Untuk diketahui bahwa kwlas 5 semester 1 terdiri dari lima Tema, yaitu : Tema 1, Tema 2, Tema 3, Tema 4, dan Tema 5Kali ini penulis akan membagikan Kompetensi dasar dan Indikator Kelas 5 Tema 1

Download KD dan Indikator Kelas 5 Tema 1.

Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Kelas 5 Tema 3

 Senobius Mbasu


       Dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) tentunya hal yang paling penting adalah menentukan Kompetensi dasar dan indikator. 
Berikut penulis akan membagikan File Kompetensi Dasar dan indikator Tema 3  untuk Kelas 5 sebagai referensi buat pembaca sekalian.
Download KD dan Indikator Tema 3 Kelas 5


       Demikian saja yang mau penulis bagikan pada kesempatan ini, kritik dan saran mohon ditulis pada kolom komentar ya. 

Cara Registrasi Aplikasi Filmora

CARA MENGHIKANGKAN WATERMARK/LOGO FILMORA

Untuk menghilangkan watermark atau logo pada aplikasi filmora dapat dilakukan dengan cara registrasi. Yuk simak caranya!
Cara registrasi aplikasi Filmora yaitu sebagai berikut:
1. Buka aplikasi wondershare Filmora pada desktop kemudian pilih menu registrasi pada ujung atas, pilih register
2. Buka folder penyimpanan wondershare filmora pada File Explorer (folder)

3. Pilih folder penyimpanan file aplikasi Filmora

4. Setelah file aplikasi filmora sudah terbuka, langka selanjutnya adalah klik menu aktivasi film ora.txt

5. Copy Licensed e-mail dan paste pada aplikasi filmora pada kolom Licensed e-mail (cth. c2943267@drdrb.com)

6. Buka kembali aktivasi film ora.txt kemudian copy momor registration code (cth. D772BEO279......) paste ke aplikasi filmora pada kolom Registration code.

7. Yang terakhir klik menu regis pada kanan bawah.

8. Registrasi berhasil, aplikasi filmora siap digunakan.
Untuk Lebih jelas tonton video tutorial berikut.

Soal Latihan Bahasa Inggris serta Kunci Jawaban

Textforquestionsnumber1-3
1.Ben :Mr.Hadi,could
youtellmewhenthenextproject
willbegin?
Mr.Hadi :YesBen…
A.Ibelieveitwouldbenextmonth.
B.Don’tworryaboutit.
C.It’sonthesecondfloor.
D.It’sfinishedlastyear.
E.Itisnexttothehospital
2.RandycomestoSita’shousefor
dinner’sinvitation
Randy:………………,Sita
a.Goodmorning
b.Goodevening
c.Congratulations
d.Howareyoutoday?
e.Nicetomeetyou
3.George:I’dlikesome
information
aboutthetrains.
Michael:Yes?
George:Couldyoutellmewhat
time
thetraintoMiami
leaves?
Michael:Yes,thenexttrain
leavesat
11.00a.m.
George:….Howlongittakes?
Michael:Letmesee.Ittakes
28hours.
Thesuitableexpressionto
completethedialogueis…
A.Itsoundsnice
B.Buyanewone
C.Iamreallyhappytohear
that
D.Doyouknow
E.Youcandoit
4.Andy :What'sthematterwith
you?
Bryan :I'vegotstomachache
Andy :Youshouldgotothe
sickbay
Bryan :Youareright,but
where?
Canyoutellmewhereit
is?
Andy :Sure.It'snexttothe
principal’soffice
Bryan’ :Thanks
Theunderlinedsentenceis
showing…
A.askinghelp
B.askingopinion
C.askingattention
D.respondingofcertainty
E.askinginformation
5.Stranger :Excuseme....
wherethenearestpostofficeis?
Carly :Followthiswayuntil
secondtrafficlight.Itisonyour
leftbesidePadangrestaurant.
Stranger :Thankyou
Thesuitableexpressionto
completethedialogueis….
A.CanIhelpyoufind
B.CouldItellyoutheway
C.Couldyoucomewithme
D.Couldyoushowme
E.Ihavenothingtodo
6.Hendry:Canyoutellmehowtogetto
thenearestrestaurant?
Nadine:….Maybeyoucanaskthe
policemanoverthere.
Thesuitableexpressiontocomplete
the
dialogueis….
A.Yes,thereisoneacrossthestreet
B.Nexttolibrary
C.It'sthisway
D.I’msorry.Idon’tlivehere.
E.Iwilltakeyoutothehospital
7.Asti:IforgetwhenIshallattend the
meeting
Fara: you must check your
schedule
heunderlinedwordsshow…
A.blamingsomeone
B.accusingsomeone
C.admittingmistake
D.givingsuggestion
E.complain
8.Johny:I'mworriedthatwe
won'thaveanythingtodoon
Sunday.
Indra:Well,whydon'tyou
comewithusplayingfootball
together?
Johny:That'sagoodidea.
Theunderlinedexpression
expresses....
A.Makinganappointment
B.Expressingsatisfaction
C.Makingsuggestion
D..Givingopinion
E.Expressingsadness
9.Ery :__________________
Kevin:That'saniceidea.
Thesuitableexpressionto
completethedialogueis…
A.Canyoushowmeyourplan?
B.Shallwehavesomemusic?
C.IthinkweshouldvisitTivain
the
hospital.
D.Youaregreatstudent
E.Iloveyouridea
Completequestionsnumber10to
12
Matt:Hey,Zach!Doyouwantto
hangout
afterwork?
Zach:Sure,whynot?Whatshallwe
do?
Matt:Idon’tknow.Whatdoyouhave
in
mind?
Zach:Whydon’twegotothemovies?
Matt:I'mnotsureaboutthat,tobe
honest.
Theweatherissobeautiful,
andwe've
beeninsideallday.Howabout
wetry
thatnewroof-toprestaurant
thatjust
opened?
Zach:Thatsoundslikeagoodidea.I
hear
theyhaveamazingviews.
Matt:Metoo.Someonetoldmeit
canbe
hardtogetatablethough.
Zach:ThenIsuggestwesneakout
ofworka
littlebitearlysowecangetone.
Matt:Idon'tthinkthat'sagoodidea.
The
bosshasbeensostrictlately.
Zach:Okay,fine.Butifwecan'tgeta
table
attherestaurant,we'regoingto
the
moviesinstead.
Matt:That'sfair.Meetyouinthe
lobbyat
5:00pm?Wecanwalkthere
together.
Zach:Soundsgood.I'llseeyouthen.
10.WhatdidMattaskZach?
A.Hangoutafterwork
B.Theweatherissobeautiful
C.Isuggestwesneakoutofwork
D.Idon'tthinkthat'sagoodidea
E.Thatsoundslikeagoodidea
11.WhatwasZach'ssuggestion?
A.Gotothebeach
B.GototheChineserestaurant
C.Gotothelake
D.Gototheoffice
E.Gotothemovies
12.Thatsoundslikeagoodidea.I
heartheyhaveamazingviews.
Theunderlinedexpression
expresses....
A.Makingsuggestions
B.Supportingsuggestions
C.Decliningsuggestions
D.Askingsuggestions
E.Rejectingsuggestions
13.Carly:“Isubmittedmyessayto
the
teacherfewdaysago,butI
haven't
receivedanyresponsefrom
her.”
Edo:________________goandask
her?
A.Shallus
B.I'lldo
C.Whydon'tyou
D.Ipropose
E.Isuggest
14.Ali:“Youlooksotired.”
Rafi :“Iworkedveryhard
yesterday.My
fatheraskedmetohelp
him.”
Ali:...
Rafi :“Thankyou.”
Thesuitableresponsegivenby
Ariis...
A.Youshouldgotothedentist.
B.Itisbetterforyoutotakea
rest.
C.Youwillgetsecondchance.
D.Youshouldworkfast.
E.Youshouldbealone
Thefollowingtextisfor15-20
ChildrenAndElders
ItwasrainyseasoninRussia.
InacertainvillageinRussiatherain
waterwasflowinginstreamsina
street.Ithadrainedandstoppeda
littlewhileago.Twolittlegirlswere
playinginthestreetwater.Itwas
festivaltime.Theywerewearingnew
frocks.Malashawastheyoungerof
thetwolittlegirls.Akulyawasthe
oldergirl.
Malashastampedherfootin
thewater.Itwasalittlemuddy.The
muddywatersplashed.Itfellon
Akulya’snewfrock.Akulyawasjust
rubbingoutthemud.Atthattime
Akulya’smotherwaswalkingthat
way.Shelookedatherdaughter’s
dress.Shescoldedherdaughter.
“Howcanyoumakeyournewdress
sodirty?"sheasked.
“Malashasplashedthewateronme,
mother,"saidAkulya.
Akulya’smothercaught
Malasha.Shegavetwoorthree
slapsonthebackofMalasha.
Malashastartedweepingloudly.
Malasha’shousewascloseby.
Malasha’smotherheardher
daughterMalasha’sweeping.She
cameoutinhurry.
“Whyareyouweeping?"askedher
mother.
“Akulya’smotherbeatmeonmy
back,"saidMalasha.
Malasha’smotherturnedto
Akulya’smotherinanangrymood.
Malasha’smotherabusedAkulya’s
mother.Soontheystartedquarrelling
loudly.Theycalledeachothernames.
Theirshoutingcontinued.
Otherwomenjoinedthem
soon.SomesupportedAkulya’s
mother.SomesupportedMalasha’s
mother.Thetwofightinggroups
becamebiggerandbigger.Themen
alsojoinedinthefighting.The
quarrelbecameneverending.
Atthattimethegrandmother
ofAkulyacameoutofthehouse.
Shetoldthemenandthewomennot
tofight.“Itisfestivaltime.People
shouldnotquarrel,"shetoldthem.
Noonelistenedtoher.Noone
caredforherwords.Inthemeantime
MalashaandAkulyaforgotabout
theirquarrel.Theybecamefriends
again.Theymovedawayfromthe
fightingcrowd.Theystartedletting
paperboatsintherunningwater.
Nowtheoldwomansaidtothe
fightinggroups.
“Lookatthechildren.Theyhave
forgottentheirquarrel.Theyhave
startedplayingagain.Theyhave
becomefriendsagain.Butyoumen
andwomenstillkeepquarrelling.Are
younotashamedofyourtendency?

Download Soal Latihan Bahasa Inggris
Download Jawaban Soal Latihan Bahasa Inggris

Jawaban Latihan Bahasa Inggris

1. A

2. B

3. D

4. A

5. D

6. D

7. D

8. A

9. C

10. A

11. E

12. B

13. C

14. B

15. C

16. B

17. D

18. A

19. C

20. C



Materi Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 5

PENYAKIT PADA SISTEM PERNAPASAN Organ pernapasan manusia terdiri atas hidung, tenggorokan, dan paruparu. Setiap organ tersebut dapat mengalami gangguan akibat kuman penyakit yang berasal dari lingkungan atau kebiasaan hidup tak sehat. Berikut beberapa contoh gangguan pada sistem pernapasan manusia. 1. Emfisema, merupakan penyakit pada paru-paru. Paru-paru mengalami pembengkakan karena pembuluh darah pada paru-paru kemasukan udara. 2. Asma, merupakan kelainan penyumbatan saluran pernapasan yang disebabkan oleh alergi debu, bulu, atau perubahan cuaca. Kelainan ini dapat diturunkan dan dapat kambuh jika suhu lingkungan cukup rendah atau keadaan dingin. 3. Kanker paru-paru. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit paling berbahaya. Sel-sel kanker pada paru-paru terus tumbuh tidak terkendali. Penyakit ini lama-kelamaan dapat menyerang seluruh tubuh. Salah satu pemicu kanker paru-paru adalah kebiasaan merokok. 4. Tuberkulosis (TBC), merupakan penyakit paru-paru yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis. Bakteri tersebut menimbulkan bintil-bintil pada dinding alveolus. Jika penyakit ini menyerang dan dibiarkan semakin luas, dapat menyebabkan sel-sel pada paru-paru mati. Akibatnya paru-paru akan menguncup atau mengecil. Hal tersebut menyebabkan para penderita TBC napasnya sering terengah-engah. 5. Bronkitis, merupakan gangguan pada cabang batang tenggorokan akibat infeksi. Gejalanya adalah penderita mengalami demam dan menghasilkan lendir yang menyumbat batang tenggorokan. Akibatnya penderita mengalami sesak napas. 6. Influenza (flu), merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus influenza. Penyakit ini timbul dengan gejala bersin-bersin, demam, dan pilek. Sumber: http://www.artikelbagus.com/2013/01/gangguan-pada-sistem-pernapasan-manusia.html, diunduh 21 Desember 2015 1. Apa saja penyakit pernapasan manusia? 2. Bagaimana cara mengobatinya? 3. Diskusikan bersama orang tuamu mengenai pencegahan penyakit pernapasan yang dapat dilakukan selama di rumah. MENJELASKAN INFORMASI SESUAI TEKS Kamu telah mengetahui gangguan dan penyakit pada organ pernapasan. Buatlah daftar pertanyaan (apa, dimana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana) dan jawaban berdasarkan bacaan “Penyakit pada Sistem Pernapasan”. PROPERTI TARI SEBAGAI PELENGKAP Suatu tarian akan semakin indah dan menarik apabila didukung dengan properti tari. Properti tari berfungsi untuk membedakan jenis tarian dan sebagai aksesori penari. Dengan menggunakan properti, penari dapat menyampaikan ide dan makna gerakan dalam tariannya sehingga mudah dipahami oleh penonton. Perhatikan gambar berikut!
Sebutkan properti yang terdapat pada tari daerah tersebut!

Rangkuman Materi Kelas 5 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1

Senobius Mbasu ................ ORGAN GERAK MANUSIA DAN HEWAN Salah satu ciri dari makhluk hidup adalah bergerak. Gerakan atau gerak adalah perubahan posisi atau berpindah tempat sebagian atau seluruh bagian tubuh. Contohnya manusia berjalan, burung terbang, ikan berenang, dan lain sebagainya. Makhluk hidup akan bergerak apabila ada rangsangan yang mengenai sebagian atau seluruh bagian tubuhnya. Gerak pada manusia dan hewan menggunakan organ gerak yang tersusun dalam sistem gerak. Organ gerak berguna untuk berjalan, berlari, melompat, meloncat, memegang, menggali, memanjat, berenang, dan sebagainya. Organ gerak pada hewan dan manusia memiliki kesamaan. Alat-alat gerak yang digunakan pada manusia dan hewan ada dua macam, yaitu 1. Alat gerak pasif berupa tulang 2. Alat gerak aktif berupa otot. Tulang dan otot bekerja sama dalam melakukan pergerakan. Kerja sama antara kedua alat gerak tersebut membentuk suatu sistem yang disebut sistem gerak. Tulang disebut alat gerak pasif karena tulang tidak dapat bergerak dengan sendirinya. Tanpa adanya alat gerak aktif yang memengaruhi tulang, maka tulang-tulang pada manusia dan hewan akan diam dan tidak dapat membentuk alat pergerakan yang sesungguhnya. Walaupun merupakan alat gerak pasif, akan tetapi tulang mempunyai peranan yang besar dalam sistem gerak manusia dan hewan. Fungsi utama tulang adalah: 1. Memberikan bentuk pada tubuh dan menopang tubuh; 2. Melindungi organ dalam, misalnya tulang rusuk melindungi jantung dan paru-paru, tulang tengkorak melindungi otak; 3. Tempat menempelnya alat gerak aktif (otot) sehingga dapat menggerakkan tulang. 4. Pada jenis tulang tertentu, tulang sebagai tempat pembentukan sel darah. Otot disebut alat gerak aktif karena otot memiliki suatu senyawa kimia yang membuatnya dapat bergerak. Pada saat otot yang menempel pada tulang bergerak, otot tersebut akan membuat tulang bergerak. Tanpa otot, makhluk hidup tidak memiliki kekuatan untuk bergerak. Ide pokok adalah gagasan yang menjadi dasar sebuah paragraf, atau merupakan inti atau dasar permasalahan dari suatu teks. Ide pokok berisi gagasan dasar penulis atau pembuat teks. Oleh karena itu, ide pokok dalam teks sering juga disebut pokok pikiran atau gagasan utama teks. Ide pokok disajikan ke dalam bentuk kalimat utama. Kalimat utama yang memuat ide pokok ini bisa berada di awal paragraf, di tengah paragraf, atau di akhir paragraf. Langkah-langkah untuk menentukan ide pokok adalah sebagai berikut. 1. Membaca teks dengan saksama secara keseluruhan 2. Cermati kalimat pertama hingga akhir 3. Carilah kalimat utama dari teks yang dibaca. Dalam suatu paragraf, ide pokok biasanya terletak di awal, akhir, atau awal dan akhir paragraf. 4. Tandai ide pokok tiap paragraf 5. Tandai informasi penting dalam tiap paragraf. Setelah mengetahui kelima langkah untuk menemukan ide pokok, untuk lebih memperjelas, coba perhatikan contoh berikut. Organ Gerak Manusia dan Hewan Salah satu ciri dari makhluk hidup adalah bergerak. Secara umum, gerak dapat diartikan berpindah tempat atau perubahan posisi sebagian atau seluruh bagian dari tubuh. Makhluk hidup akan bergerak apabila ada rangsangan yang mengenai sebagian atau seluruh bagian tubuhnya. Pada paragraf di atas, ide pokoknya adalah terdapat pada kalimat pertama. Yaitu “ Salah satu ciri dari makhluk hidup adalah bergerak”. Mengapa demikian? Apabila kita menganalisis kalimat-kalimat lain, fungsinya hanya sebagai pengembang atau penjelas dari kalimat utama (kalimat pertama). . Sumber: Buku Bupena Buku Siswa K-13 Tema 1 https://www.kompas.com.Tanpa-Organ-Gerak-Manusia-dan-Hewan-Tidak-dapat-Bergerak,Mengapa?

Cara Mencuci Tangan yang Benar dengan 7 Langkah Menurut WHO

CARA MENCUCI TANGAN YANG BENAR DENGAN 7 LANGKAH MENURUT WHO

 

Post By: Senobius Mbasu

Sumber: Tirto.id

 

Untuk mencegah corona COVID-19. tirto.id - Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) menyarankan setiap orang untuk selalu mencuci tangan demi mencegah penyebaran virus corona COVID-19. Bersihkan tangan secara teratur dan menyeluruh dengan sabun dan air atau cairan berbasis alkohol. Mencuci tangan dengan sabun dan air atau menggunakan cairan pembersih berbasis alkohol bisa membunuh virus yang mungkin ada di tangan Anda. Mencuci tangan dapat membuat Anda tetap sehat dan mencegah penyebaran infeksi pernapasan dan diare dari satu orang ke orang lain. Kuman dapat menyebar dari orang lain atau permukaan saat Anda:

1. Menyentuh mata, hidung, dan mulut Anda dengan tangan yang tidak dicuci.

2. Makan atau menyiapkan makanan dan minuman dengan tangan yang tidak dicuci.

3. Menyentuh permukaan atau benda yang terkontaminasi.

4. Mengesang, batuk, atau bersin ke tangan dan kemudian menyentuh tangan orang lain atau benda-benda.

Menurut WHO, mencuci tangan agar bersih menghabiskan waktu sekitar 20-30 detik.

Ikuti 7 langkah mencuci tangan yang benar menurut WHO untuk mencegah infeksi virus, kuman, dan bakteri:

1. Basahi tangan dan tuangkan atau oleskan produk sabun di telapan tangan.

2. Tangkupkan kedua telapak tangan dan gosokkan produk sabun yang telah dituangkan.

3. Letakkan telapak tangan kanan di atas punggung tangan kiri dengan jari yang terjalin dan ulangi untuk sebaliknya.

4. Letakkan telapak tangan kanan ke telapak tangan kiri dengan jari saling terkait.

5. Tangan kanan dan kiri saling menggenggam dan jari bertautan agar sabun mengenai kuku dan pangkal jari.

6. Gosok ibu jari kiri dengan menggunakan tangan kanan dan sebaliknya.

7. Gosokkan jari-jari tangan kanan yang tergenggam di telapak tangan kiri dan sebaliknya. Keringkan tangan dan tangan Anda sudah aman dari kotoran.

Jika dalam kondisi tertentu, tidak ada air dan sabun atau tidak dapat menggunakan air dan sabun untuk membersihkan tangan, solusi lainnya adalah gunakan hand sanitizer. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyarankan untuk menggunakan hand sanitizer yang berbasis setidaknya 60 persen alkohol. Walau dapat membantu mengurangi jumlah kuman di tangan dengan cepat, hand sanitizer tidak dapat menghilangkan semua jenis kuman, tidak seefektif saat mencuci tangan. Hand sanitizer juga tidak dapat menghilangkan kotoran dan minyak di tangan. Cara menggunakan hand sanitizer cukup mudah. Setelah mengoleskan gel pada tangan, gosok permukaan tangan, jari, dan sela-sela jari hingga tangan-mengering.


Cara Mencuci Tangan yang Baik dan Benar


JURNAL PRAKTEK BAIK NILAI UTAMA KARAKTER SELAMA BELAJAR DI RUMAH

PENILAIAN SIKAP BAIK SISWA SELAMA BELAJAR DI RUMAH (BDR)

 

Penilaian menurut permendikbud 23 th 2016 tentang penilaian hasil belajar memuat 3 aspek yaitu Sikap, Pengetahuan, dan Keterampilan. Ketiga aspek penilaian inilah yang nantinya dijadikan sebagai laporan akhir penilaian guru terhadap hasil belajar siswa.

Penilaian yang tepat menurut Hardian Ashari, M.Pd., Widyaiswara Ahli Madya LPMP Lampung (2020) dapat dilakukan guru terhadap siswanya saat Belajar di Rumah (BDR) pada masa pandemic Covid 19 adalah dengan memberikan tugas kepada siswa dengan mencatat praktek baik pengamalan 5 nilai Karakter yang mereka lakukan pada saat Belajar di Rumah (BDR). Praktek baik pengamalan 5 nilai utama karakter ini nantinya bisa dijadikan sebagai dasar untuk memberikan nilai sikap dan keterampilan.

Kelima nilai utama karakter bangsa yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Religiusitas

Nilai karakter religius mencerminkan keberimanan terhadap Tuhan yang Maha Esa yang diwujudkan dalam perilaku melaksanakan ajaran agama dan kepercayaan yang dianut, menghargai perbedaan agama, menjunjung tinggi sikap toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama dan kepercayaan lain, hidup rukun dan damai dengan pemeluk agama lain.

Nilai karakter religius ini meliputi tiga dimensi relasi sekaligus, yaitu hubungan individu dengan Tuhan, individu dengan sesama, dan individu dengan alam semesta (lingkungan). Nilai karakter religius ini ditunjukkan dalam perilaku mencintai dan menjaga keutuhan ciptaan.

Subnilai religius antara lain beriman dan bertaqwa, disiplin ibadah, cinta damai, toleransi, menghargai perbedaan agama dan kepercayaan, teguh pendirian, percaya diri, kerja sama antar pemeluk agama dan kepercayaan, antibuli dan kekerasan, persahabatan, ketulusan, tidak memaksakan kehendak, melindungi yang kecil dan tersisih, mencintai dan menjaga lingkungan, bersih, memanfaatkan lingkungan dengan bijak

2. Nasionalisme

Nilai karakter nasionalis merupakan cara berpikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa, menempatkan kepentingan bangsa dan negara di
atas kepentingan diri dan kelompoknya.

Subnilai nasionalis antara lain apresiasi budaya bangsa sendiri, menjaga kekayaan budaya bangsa,rela berkorban, unggul, dan berprestasi, cinta tanah air, menjaga lingkungan,taat hukum, disiplin, menghormati keragaman budaya, suku,dan agama.

3. Kemandirian

Nilai karakter mandiri merupakan sikap dan perilaku tidak bergantung pada orang lain dan mempergunakan segala tenaga, pikiran, waktu untuk merealisasikan harapan, mimpi dan cita-cita.

Subnilai mandiri antara lain etos kerja (kerja keras), tangguh tahan banting, daya juang, profesional, kreatif, keberanian, dan menjadi pembelajar sepanjang hayat.

 

4. Gotong Royong

Nilai karakter gotong royong mencerminkan tindakan menghargai semangat kerja sama dan bahu membahu menyelesaikan persoalan bersama, menjalin komunikasi dan persahabatan, memberi bantuan/ pertolongan pada orang-orang yang membutuhkan.

Subnilai gotong royong antara lain menghargai, kerja sama, inklusif, komitmen atas keputusan bersama, musyawarah mufakat, tolongmenolong, solidaritas, empati, anti diskriminasi, anti kekerasan, dan sikap kerelawanan.

5. Integritas

Nilai karakter integritas merupakan nilai yang mendasari perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan, memiliki komitmen dan kesetiaan pada nilai-nilai kemanusiaan dan moral
(integritas moral).

Karakter integritas meliputi sikap tanggung jawab sebagai warga negara, aktif terlibat dalam kehidupan sosial, melalui konsistensi tindakan dan perkataan yang berdasarkan kebenaran.

Subnilai integritas antara lain kejujuran, cinta pada kebenaran, setia, komitmen moral, anti korupsi, keadilan, tanggungjawab, keteladanan, dan menghargai martabat individu (terutama penyandang disabilitas).

Kelima nilai utama karakter bukanlah nilai yang berdiri dan berkembang sendiri-sendiri melainkan nilai yang berinteraksi satu sama lain, yang berkembang secara dinamis dan membentuk keutuhan pribadi.

Setelah siswa membuat jurnal praktek baik nilai utama karakter selama BDR maka, hasil akhirnya selain dalam bentuk tabel jurnal, juga bisa juga berupa kumpulan photo praktek baik yang dilakukan selama siswa BDR dalam format fortopolio atau video yang dikumpulkan saat masuk sekolah, waktu yang ditentukan guru atau bisa juga saat akhir menjelang berakhirnya tahun pelajaran.

Hasil kerja siswa ini nantinya bisa guru jadikan sebagai dasar penilaian sikap dan keterampilan siswa.

 

Berikut contoh Jurnal Praktek Baik Nilai Utama Karakter Selama BDR

No

Hari/Tanggal

Praktek Baik yang Dilakukan

Nilai Karakter

Dokumentasi

(foto/video)

Tanda Tangan Orang Tua

1

Rabu, 20 Mei 2020

Melaksanakan Doa malam bersama keluarga

Religiusitas

 

 

2

Rabu, 20 Mei 2020

Membersihkan tempat tidur dan menyapu kamar

Integritas

 

 

 

Rabu, 20 Mei 2020

Mencuci piring

Integritas

 

 

 

Rabu, 20 Mei 2020

Rajin mengerjakan tugas

Tanggung jawab

 

 

 

Rabu, 20 Mei 2020

Membantu ayah bersama-sama membuat pagar.

Gotong royong

 

 

 

Rabu, 20 Mei 2020

Belajar dari berbagai buku sumber/internet

kemandirian

 

 

 

Rabu, 20 Mei 2020

Menggunakan masker saat di rumah atau keluar rumah

Kepedulian

 

 

 Berikut adalah format jurnal dimaksud.

JURNAL PRAKTEK BAIK NILAI UTAMA KARAKTER SELAMA BELAJAR DI RUMAH

Nama Siswa :

Kelas:

No

Hari/Tanggal

Praktek Baik yang Dilakukan

Nilai Karakter

Dokumentasi

(foto/video)

Tanda Tangan Orang Tua

1

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


*Jurnal ini dikumpulkan nanti saat diminta oleh guru wali kelas/guru mata pelajaran

Download


Analisis Berpikir dan Manfaafnya

Beberapa analisis berpikir yang sangat baik untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari: Analisis Berpikir Kritis 1. Pertanyaan 5W + 1H: S...

Populer