KD dan Indikator Kelas 5 semester 2

Kompetensi Dasar dan Indikator Kelas 5 Semester 2

       Dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) tentunya hal yang paling mendasar adalah menentukan Kompetensi dasar dan indikator. 
Berikut penulis akan membagikan KD dan Indikator untuk Kelas 5 Semester 2 yang mencakup Tema 6, Tema 7, Tema 8, dan Tema 9.

Baca juga KD dan Indikator Kelas 5 Semester 1

Surat Persetujuan Orang Tua

Untuk dapat melaksanakan pembelajaran secara offline (tatap muka) maka salah satu persyaratan yang harus dipenuhi adalah Orang tua membuat surat persetujuan atau surat pernyataan untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka di sekolah.
Berikut adalah contoh format surat persetujuan orang tua.
____________________________________________
    SURAT PERSETUJUAN ORANG TUA
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama:
Tempat, Tanggal Lahir:
Alamat:
Orang tua/Wali dari:
Nama: (Nama Anak)
Tempat, Tanggal Lahir
Alamat: 
  Dengan ini saya menyatakan bahwa saya menyetujui dan memberikan izin kepada anak saya untuk mengikuti proses pembelajaran secara offline (tatap muka) di sekolah.
    Demikian surat persetujuan ini saya buat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

                                       Naru, 08 Januari 2021
                                            Hormat Saya 
                            
                                         (Nama Orang tua)

SDK Naru

Grup WA resmi kelas 3 SDK Naru sebagai wadah untuk bertukar informasi antara pendidik dan peserta didik di SDK Naru. Berikut adalah Link Grup WA Kelas 3  SDK Naru. 
πŸ‘‡
Facebook : SDK Naru

Link Grup WA Pendidik dan Tenaga Kependidikan SDN Koeloda

Grup ini dibuat khusus untuk pendidik dan tenaga kependidikan SDN Koeloda.
Dengan mengklik link di bawah ini, anda akan langsung terhubung di grup WhatsApp (WA) khusus guru dan tenaga kependidikan Sekolah Dasar Negeri (SDN) Koeloda.
*Pastikan bahwa anda adalah Pendidik dan Tenaga Kependidikan di SDN Koeloda.
Klik linkπŸ‘‡ untuk bergabung.

Ramuan Covid Ala Kemenkes

Surat edaran Kemenkes Nomor: HK.02.02/IV.2243/2020 Tentang Pemanfaatan Obat Tradisonal Untuk Pemeliharaan Kesehatan, Pencegahan Penyakit, dan Perawatan Kesehatan. 
Kemenkes: "Ramuan Covid"

Kode Etik Guru, Tata Tertib Guru, dan Ikrar Guru Indonesia

 

KODE ETIK GURU INDONESIA

  1. Guru berbakti membimbing anak didik seutuhnya untuk membentuk manusia pembangunan yang ber-Pancasila.
  2. Guru memiliki kejujuran profesional dalam menerapkan kurikulum sesuai dengan kebutuhan anak didik masing-masing.
  3. Guru mengadakan komunikasi terutama dalam memperoleh informasi tentang anak didik, tetapi menghindari diri dari segala bentuk penyalahgunaan.
  4. Guru menciptakan suasana kehidupan sekolah dan memelihara hubungan dengan orang tua murid sebaik-baiknya bagi kepentingan anak didik.
  5.  Guru memelihara hubungan baik dengan masyarakat di sekitar sekolahnya maupun masyarakat yang lebih luas untuk kepentingan pendidikan.
  6. Guru secara sendiri-sendiri dan atau bersama-sama berusaha mengembangkan dan meningkatkan mutu profesinya.
  7. Guru menciptakan dan memelihara hubungan antara sesama guru baik berdasarkan lingkungan kerja maupun di dalam hubungan keseluruhan.
  8. Guru secara bersama-sama memelihara, membina dan meningkatkan mutu organisasi guru profesional sebagai sara pengabdiannya.
  9. Guru melaksanakan segala ketentuan yang merupakan kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan.                               

  1.                                      IKRAR GURU INDONESIA

    1)   Kami Guru Indonesia, adalah insan pendidik bangsa yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

    2)   Kami Guru Indonesia, adalah pengemban dan pelaksana cita-cita dan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, pembela dan pengamal Pancasila yang setia pada UUD’45.

    3)   Kami Guru Indonesia, bertekad bulat mewujudkan tujuan nasional dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

    4)   Kami Guru Indonesia, bersatu dalam wadah organisasi perjuangan Persatuan Guru Republik Indonesia, membina persatuan dan kesatuan bangsa yang berwatak kekeluargaan.

    5)   Kami Guru Indonesia, menjunjung tinggi kode Etik Guru Indonesia sebagai pedoman tingkah laku profesi dalam pengabdian terhadap Bangsa, Negara serta kemanusiaan.


                       TATA TERTIB GURU INDONESIA

  1. 1)   Berkewajiban datang dan pulang tepat waktu sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan
  2. 2) Berbakti membimbing anak didik seutuhnya untuk membentuk manusia pembangunan yang pancasila.
  3. 3) Memiliki kejujuran profesional dalam menerapkan kurikulum sesuai dengan kebutuhan anak didik masing-masing.
  4. 4) Mengadakan komunikasi tertutama dalam memperoleh informasi tentang anak didik, tetapi menghindari diri dari segala bentuk penyalahgunaan.
  5. 5) Menciptakan suasana kehidupan sekolah dan memelihara hubungan dengan orang tua murid sebaik-baiknya bagi kepentingan anak didik.
  6. 6) Memelihara hubungan baik dengan masyarakat disekitar sekolahnya maupun masyarakat yang lebih luas untuk kepentingan pendidikan.  
  7. 7) Secara sendiri-sendiri dan atau bersama-sama berusaha mengembangkan dan meningkatkan mutu profesinya.

8)   Menciptakan dan memelihara hubungan antara sesama guru, baik berdasarkan lingkungan kerja, maupun dalam hubungan keseluruhan.

9)   Secara bersama-sama   memelihara,  membina   dan   meningkatkan   mutu  organisasi   guru profesional sebagai sarana pengabdian.

10) Melaksanakan segala ketentuan yang merupakan kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan.

11)   Memberikan teladan dan menjaga nama baik lembaga dan profesi.

12)   Meningkatkan kualifikasi akademik dan kompetensi secara berkelanjutan sejalan dengan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.

13)   Memotivasi peserta didik dalam memanfaatkan waktu untuk belajar diluar jam sekolah.

14)   Memberikan keteladanan dalam meciptakan budaya membaca, budaya belajar dan budaya bersih.

15)   Bertindak obyektif dan tidak diskriminatif atas dasar pertimbangan jenis kelamin, agama, suku, ras, kondisi fisik tertentu atau latar belakang keluarga dan status sosial ekonomi peserta didik dalam pembelajaran.

16)   Mentaati tata tertib dan peraturan perundang-undangan, kode etik guru serta nilai-nilai agama dan etika.

17)   Berpakaian yang menutup aurat bagi yang beragama Islam dan sesuai norma social masyarakat/norma kepatuhan bagi yang beragama lain.

18)   Tidak Merokok selama berada di lingkungan satuan pendidikan.

 

 Kode Etik Guru Indonesia

 Tata Tertib Guru Indonesia

 Ikrar Guru Indonesia

 

 

1



 

Materi Sistem Peredaran Darah Hewan dan Manusia

 πŸ’¬  MATERIπŸ‘‡

SISTEM PEREDARAN DARAH PADA HEWAN

  πŸ’¬MATERIπŸ‘‡

SISTEM PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA 

(Pelajari halaman 33 tentang Jantung dan Pembuluh Darah)


Syarat Pendaftaran PPPK

Catatan Saya:
Hasil Kunjungan Pejabat Bupati dan Dinas PPO di SDI Malanuza membahas tentang seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) bersama guru-guru honor Se-Kecamatan Golewa, Senin (30 November 2020).
Foto: Pjs Buati Ngada (Linus Lusi)
(1.259); 1jt/bulan untuk Kabupaten Ngada.
Gaji PPK sama seperti PNS tergantung golongan (masa krja)
Tunjangan fungsional.
Tunjangan keluarga.
Tunjangan lainnya yg sesuai dg peraturan pemerintah.
Syarat:
1. Tenaga honorer K2
2. Maksimal usia 59th/1 April 2021
3. Pendidikan minimal S1/D4
4. Program studi/jurusan yg relevan dg K-13.
5. Menandatangani surat pernyataan.
6. Aktif mengajar hingga pada saat pendaftaran PPPK dan dibuktikan dengan surat kepala sekolah atau kepala dinas
Persyaratan:
1. NUPTK/NIK
2. Nomor Ijazah
3. Kartu keluarga
4. KTP
Tatacara pelaksanaan Test adalah sesuai prosedur CPNS.
Pelajari:
GTK, INFO GTK
Apa sih berbedaan antara PNS dan PPkPK?
Lihat tayangan selanjutnya . . .

Pidato Mendikbud, Nadiem Anwar Makarim

Properti Pada Tarian Daerah

 PROPERTI PADA TARIAN DAERAH

DOWNLOAD 

        Properti tari adalah alat yang digunakan sebagai media pementasan tari. Properti tari digunakan untuk menambah keindahan atau estetika dari sebuah tarian. Misalnya, tari Gantar yang berasal dari Kalimantan, menggambarkan gerakan orang yang tengah menanam padi. Properti yang digunakan pada tarian ini adalah tongkat untuk melubangi tanah, bambu untuk menaburkan benih, serta biji-bijian yang menggambarkan benih padi dan wadahnya. Berikut beberapa contoh tarian, asal daerah, dan properti yang digunakan.

Nama Tarian

Asal Daerah

Properti Tarian

Tari Reok

Ponogoro

Topeng Reog

Tari Kuda Lumping

Yogyakarta

Jaranan

Tari Jaipong

Karawang

Selendang

Tari Baksa Kembang

Banjar

Rangkaian bunga

Tari Serampang Dua Belas

Deli Serdang

Sapu tangan

Tari Merak

Pasundan

Mahkota

Tari Kancet Papatai

Kalimantan

Mandau, perisai, baju perang

 

MEMPERAGAKAN TARI KANCET PAPATAI



            Tari Kancet Papatai (tari Perang) merupakan tarian tradisional yang bercerita tentang seorang pahlawan Dayak Kenyah yang sedang berperang melawan musuh. Tarian tersebut menggambarkan tentang keberanian para pria atau ajai suku Dayak Kenyah dalam berperang. Tarian ini juga menampilkan upacara pemberian gelar bagi pria atau ajai yang sudah berhasil mengalahkan musuhnya.

            Properti yang digunakan dalam pementasan tari Kancet Papatai antara lain: mandau, perisai, dan baju perang. Gerakan tari Kancet Papatai sangat lincah, gesit, penuh semangat, dan dan terkadang disertai dengan pekikan si penari. Selain itu, gerakan tarian ini juga cukup sederhana dan banyak didominasi oleh gerakan melompat kecil.

 

Ayo Kerjakan!

1.       Lengkapilah tabel berikut!

Nama Tarian

Asal Daerah

Properti yang Digunakan

1.      Tari Pendet

 

 

2.      Tari Piring

 

 

3.      Tari Topeng

 

 

4.      Tari Bondan

 

 

5.      Tari Ja’i

 

 


  

Materi dan LKS kls 5 SD Koeloda

DAFTAR MATERI KELAS 5 
Materi Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1
Materi Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 4
Materi Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 1
Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Tema 3 Subtema 2

DAFTAR SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER (PTS) KELAS 5 SDN KOELODA TAHUN PELAJARAN 2020-2021.
Klik DI SINI untuk membuka daftar soal PTS Kelas 5 tahun pelajaran 2020-2021.

1. JAWAB SOAL PPKN
2. JAWAB SOAL MATEMATIKA
3. JAWAB SOAL BAHASA INDONESIA
4. JAWAB SOAL IPA
5. JAWAB SOAL IPS
6. JAWAB SOAL SBDP
7.  JAWAB SOAL AGAMA
8. JAWAB SOAL PJOK

RANGKUAN MATERI BAHASA INDONESIA KELAS 5 TEMA 3 SUBTEMA 2 SEMESTER 1

 

RANGKUMAN MATERI BAHASA INDONESIA

SEKOLAH DASAR NEGERI KOELODA

KELAS : 5

SEMESTER: 1

TEMA: 3, SUBTEMA: 2

 

IKLAN MEDIA ELEKTRONIK

                  Sumber Gambar: Selular.id

Iklan adalah pemberitahuan kepada masyarakat mengenai barang atau jasa yang dijual. Untuk memasarkan suatu produk atau jasa, salah satu langkah yang peru dilakukan adalah memilih media periklanan yang tepat. Berdasarkan medianya, iklan digolongkan menjadi dua, yaitu iklan media cetak dan iklan media elektronik.

Pada subtema sebelumnya kamu telah mempelajari tentang media cetak. Sekarang, kamu akan belajar tentang media elektronik. Berbeda dengan media cetak yang menyempaikan informasi secara tertulis, media elektronik menyampaikan informasi berbentuk elektronik, seperti radio, televise, dan komputer. Media elektronik yang biasa digunakan untuk menampilkan iklan adalah radio dan televisi.

CIRI-CIRI IKLAN PADA MEDIA ELEKTRONIK

(Pembelajaran 2)

Sebuah iklan yang disampaikan melalui media cetak maupun media elektronik memiliki ciri-ciri tersendiri. Ciri-ciri iklan pada media elektronik antara lain sebagai berikut.

1.      Disampaikan secara elektronik dalam bentuk:

a.       Audio, yakni iklan yang hanya dapat didengar. Contohnya iklan di radio.

b.      Audio  dan Video (audio visual), yakni iklan yang dapat dilihat dan didengar serta dilengkapi dengan teks. Contohnya iklan di televisi.

2.      Disampaikan dalam waktu singkat.

3.      Menggunakan Bahasa formal atau nonformal.

4.      Menggunakan kalimat yang singkat dan padat.

5.      Menggunakan intonasi yang tepat.

6.      Gaya Bahasa mudah diphami dan persuasif. Persuasif artinya memengaruhi seseorang agar tertarik kepada produk yang diiklankan.

7.      Khusus untuk iklan pada media radio, informasi produk yang ditawarkan biasanya disampaikan dengan jelas, sehingga pendengar seolah-olah dapat melihat produk tersebut secara langsung.

8.      Terdapat music pengiring yang tepat untuk menciptakan suasana yang mendukung isi iklan.

Ayo Kerjakan!

Jelaskan perbedaan ciri-ciri iklan pada media radio dan media televisi!

 

PERBEDAAN BAHASA IKLAN MEDIA CETAK DAN ELEKTRONIK

(Pembelajaran 3)

Ayo ingat kembali ciri-ciri pada iklan media cetak dan media elektronik!

Pada media cetak, iklan disampaikan secara tertulis, sehigga dapat dibaca kapan saja.

Pada media elektronik radio, iklan hanya dapat didengar, sedangkan pada media televisi iklan dapat dilihat, didengar, dan dibaca teksnya. Berbeda degan iklan media cetak, iklan media elektronik hanya ditampikan dalam waktu singkat. Bahasa yang digunakan dapat berupa Bahasa formal atau nonformal.

Walaupun terdapat perbedaan, kedua jenis iklan tersebut juga memiliki persamaan, yaitu sama-sama dibuat untuk meyakinkan dan memengaruhi pembaca atau pendengarnya.

Ayo Kerjakan!

Jelaskan perbedaan dan persamaan Bahasa iklan pada media cetak dan media elektronik!

 

ISI PADA IKLAN MEDIA ELEKTRONIK

(Pembelajaran4)

Ingat kembali, iklan media elektronik disampaikan menggunakan alat-alat elektronik, seperti radio dan televise! Untuk dapat menjelaskan isi iklan, kita perlu memahami informasi yang disampaikan tentang gambaran garis besar produk yang ditawarkan. Pada iklan radio, kita perlu mendengarkan iklan denga saksama untuk dapat menjelaskan isi iklan tersebut. Sementara pada iklan televise, kita perlu melihat mendengarkan, dan membaca teks yang disajikan dengan saksama.

Biasanya, iklan pada media elektronik disampaikan dala waktu singkat. Oleh karena itu, untuk dapat menjelaskan dengan baik kita perlu mengingat kata kunci yang terdapat pada iklan. Kata kunci pada iklan dapat ditemukan pada slogan serta kalimat persuasive yang ada pada iklan tersebut.

 

MEMPERAGAKAN MEDIA ELEKTRONIK

(Pembelajaran 5)

 

            Untuk dapat memperagaka sebuah iklan media elektronik, kita perlu memahami isi iklan tersebut dengan baik. Pada pembelajaran sebelumnya, kita telah mengetahui bahwa iklan radio dapat dipahami dengan dengan mendengarkan secara saksama. Sementara isi iklan pada media televise, dapat kita pahami dengan melihat, mendengarkan, serta membaca teks yang disajikan dengan saksama.

            Setelah memahami isi iklan, kita dapat mengingat intonasi dan visualisasi pada iklan sebelum memperagakannya. Jika perlu, kita dapat mencatat atau merekam isi dari tayangan iklan tersebut sebagai acuan kita untuk berlatih memperagakannya.

 

 

Keterampilan; cara kerja praktik memperagakan iklan media elektronik.

1.      Buatlah kelompok dengan 3-4 orang (boleh melibatkan anggota keluarga)

2.      Pilihlah salah satu iklan televise tentang makanan sehat.

3.      Berlatilah memperagakan iklan tersebut dengan anggota kelompok.

4.      Kirimkan hasil latihan kalian melalui Grup Whats App (WA).

5.      Gunakan alat peraga sederhana dengan benda-benda di sekitarmu.

6.      Setelah memperagakan, jelaskan isi dari iklan yang telah kalian peragakan.

KATA KUNCI PADA IKLAN ELEKRONIK

( Pembelajaran 6 )

            Untuk dapat menemukan kata kunci dalam sebuah iklan, kita perlu memahami isi iklan dengan baik. Kata kunci iklan yaitu kata-kata yang merupakan konsep atau gagasan yang berkaitan dengan produk atau jasa yang ditawarkan.

Perhatikan beberapa contoh kata kunci dari berbagai jenis iklan berikut.

1.      Iklan pariwisata menggunakan kata kunci seperti tujuan wisata, harga murah, dan fasilitas bagus.

2.      Iklan produk makanan sehat menggunakan kata kunci seperti sehat, enak, murah, tanpa bahan pengawet, dan mudah didapat.

3.      Iklan produk obat pencernaan menggunakan kata kunci seperti ampuh, mudah didapat, tanpa rasa kantuk, dan terbuat dari bahan alami.

Ayo Kerjakan!

Menemukan ciri-ciri kata kunci pada iklan elektronik

1.      Carilah sebuah iklan media elektronik di radio atau televise.

2.      Catatlah kata kunci yang terdapat pada iklan tersebut.

3.      Tuliskan hasilnya di kertas tugas.

4.      Kumpulkan tugasmu melalui Whats App  kepada gurumu.

πŸ‘‡

 DOWNLOAD Rangkuman Materi Tema 3 Subtema 2

 

Sumber: Irene MJA, dkk. 2016. BUPENA. Jakarta: Erlangga

Analisis Berpikir dan Manfaafnya

Beberapa analisis berpikir yang sangat baik untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari: Analisis Berpikir Kritis 1. Pertanyaan 5W + 1H: S...

Populer