Sosialisasi penggunaan akun ID BELAJAR

 SDK Naru dan SDI Leboleke gelar sosialisasi penggunaan akun ID Belajar

           Gambar: Bapak Sebinus Acong

Hari ini, Jumat, 08 April 2022 guru SDK Naru dan guru SDI Leboleke mengikuti sosialisasi manfaat dan cara menggunakan akun ID Belajar. Narasumber dari kegiatan ini adalah pengawas binaan Gugus III Bajawa, Bapak Sebinus Acong. 

 Gambar: kepala sekolah dan guru SDK Naru dan SDI Leboleke



SOAL PTS KELAS 4 SEMESTER 2

Pelaksanaan Ujian tengah semester (PTS) di SDK Naru pada Senin, 14 Maret-Sabtu, 19 Maret 2022. Berikut adalah soal PTS Kelas 4 SDK Naru.
Hari Senin: Muatan lokal
Hari Selasa: Soal Tema 6, Agama Katolik
Hari Rabu : PTS Matematika
Hari Kamis : Soal Tema 7
Hari Junat : PJOK

Puisi-Puisi Karya Siswa Kelas 4 SDK Naru

Berikut adalah puisi-puisi karya siswa Kelas 4 SDK Naru Tahun Pelajaran 2021/2022.

GURUKU
Oleh: Gisela Evadne Moa

Engkau pelita dalam kegelapan
Menerangi setiap jejak langkah perjuanganku
Engkau selalu mendampingiku menggapai cita-cita
Engkau pahlawan tanpa tanda jasa

Sunggguh besar pengabdianmu
Kepedulian dan kasih sayangmu
Selalu engkau berikan dengan ikhlas
Sungguh tak akan pernah kulupakan

Akan kukenang selalu jasamu
Kuucap terimakasih untukmu
Semoga hidupmu bahagia selalu
Serta berkat Tuhan selalu menyertaimu.
---------------------------------------------------------------

GURUKU
Oleh: Gisel, Lidia, Enjel, Rendi, & Johan

Guruku,  engkau tidak pernah memarahi kami
Dengan kata-kata yang tidak baik
Engkau selalu membuat kami tersenyum
Oh guruku jasamu akan kuingat selalu

Engkau pelita dalam kegelapan
Engkau mengajarkan kami tentang kebaikan 
Engkau pahlawan tanpa tanda jasa
Engkau tak pernah meminta balasan

Guruku, engkau tak pernah membuat kami kesal
Walaupun kami tidak tau baca dan menulis kau tetap sabar
Terimakasih banyak guruku aku bisa pintar karenamu
Guruku, sunggu besar jasamu

Oh guruku, namamu akan selalu hidup dalam sanubariku
Pengabdianmu sungguh besar guruku
Semoga Tuhan selalu menyertaimu
Karena semua kebaikanmu tanpa balasan dari kami guruku.
----------------------------------------------------------------------


CITA-CITAKU
Oleh: Anna Safriani Kopa

Cita-citaku ingin menjadi guru
Agar dapat mengajarkan anak-anak
Aku senang sekali menjadi guru
Agar mencerdaskan anak bangsa

Aku akan belajar dengan sungguh-sungguh
Agar dapat meraih cita-cita yang kuimpikan
Aku akan belajar dengan baik
Agar aku bisa menggapai cita-citaku

Disaat aku besar nanti akau akan menjadi guru
Dari sinilah aku akan terus belajar
Aku juga tidak mau berputus asa
Aku akan terus berjuang meraih tujuanku

Aku akan terus maju
Aku juga tidak akan menyerah begitu saja
Aku akan belajar dengan sungguh-sungguh
Agar menjadi orang yang berguna bagi nusa dan bangsa.
-----------------------------------------------------------------------
POLWAN
Oleh: Gisela Evadne Moa

Aku ingin menjadi seorang polwan
Agar bisa menyelesaikan masalah-masalah di luar sana
Aku merasa bangga dengan cita-citaku menjadi seorang polwan
Yang berdedikasi untuk nusa dan bangsa

Aku menjaga keamanan masyarakat
Aku juga mengajarkan kemanan lalu lintas
Agar anak-anak tertib berlalulintas
Demi menyelamatkan nyawa yang berharga

Agar dapat menggapai cita-citaku menjadi seorang polwan
Setiap hari aku belajar dan terus belajar
Meski jiwa dan ragaku terasa lelah 
Aku tak akan pernah menyerah

Selagi aku masih bisa aku akan terus berusaha
Menjadi apa yang kuinginkan
Karena aku yakin perjuanganku tak akan sia-sia
Untuk menjadi warga negara Indonesia yang berguna.
----------------------------------------------------------------------
IBU
Oleh: Dila, Sarini, Ovan, dan Asri

Ibuku, engkau telah melahirkanku
Engkau telah membesarkanku
Engkau membimbing aku
Engkau memberi aku makan dan minum

Kau mengajarkan aku berjalan
Kau memberi aku kasih sayang
Kau tak pernah lelah merawat aku
Kau pergi mencari makan untuk adik dan diriku

Dulu kau menasehati aku tentang pentingnya cita-cita
Kau mendaftarkan aku masuk sekolah
Untuk  bisa meraih cita-cita yang kuimpikan
Sehingga berguna bagi nusa dan bangsa 

Di hari ulang tahunmu ibu
Aku hanya bisa menyanyikan lagu untukmu
Disaat aku besar nanti aku akan membalas kebaikanmu
aku berjanji akan membalas jasamu ibu.
----------------------------------------------------------------------
Keterangan Gambar: Suasana belajar saat siswa  berdiskusi membuat puisi

Rangkuman Muatan Pelajaran IPA; Energi dan Perubahannya

RANGKUMAN IPA

KD 3.5  SUMBER ENERGI 

Energi

Energi atau tenaga adalah kemampuan untuk melakukan perubahan.

 Macam – Macam Bentuk Energi

1. Energi panas / kalor

Energi panas adalah energi yang dihasilkan dari panas suatu benda.

Sumber energi panas antara lain : panas matahari, listrik, baterai, uap, gesekan, api.  Matahari merupakan sumber panas terbesar di bumi.

Contoh benda yang menghasilkan energi panas : kompor gas, setrika, penanak nasi (rice cooker), pemanggang roti, tungku, api unggun, dll.

2. Energi cahaya

Energi cahaya adalah energi yang timbul karena adanya cahaya.

Energi cahaya banyak membantu pekerjaan manusia, misalnya; cahaya dari lampu yang menerangi kegelapan,  cahaya matahari yang dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik, membantu proses fotosintesis pada tumbuhan, dll.

3. Energi gerak / kinetik

Energi gerak adalah energi yang dimiliki oleh benda yang sedang bergerak.

Energi gerak banyak membantu dalam kehidupan manusia, misalnya :  Ibu membutuhkan blender untuk membuat jus, kapal nelayan dapat bergerak karena adanya angin, dll. Sumber energi gerak antara lain : angin, air, migas (solar, bensin), listrik, baterai.

4. Energi bunyi 

Energi bunyi adalah energi yang timbul dari benda yang menghasilkan bunyi.

Contoh energi bunyi adalah gitar yang dipetik akan menghasilkan bunyi, biola yang digesek akan menghasilkan bunyi, speaker yang diberi energi listrik akan menghasilkan bunyi.

5. Energi listrik

Energi listrik adalah energi yang timbul karena adanya arus listrik. 

Sumber energi listrik antara lain : baterai, aki, listrik PLN yaitu PLTA, PLTU, dan PLTS, generator.

Sumber energi adalah segala sesuatu di sekitar kita yang mampu menghasilkan energi.

1.              Matahari sumber kehidupan di Bumi

Matahari sebagai sumber energi terbesar  dan utama yang memancarkan panas dan cahayanya ke Bumi.

Cahaya matahari menerangi Bumi sehingga kita dapat melihat semua mahluk hidup dan benda di siang hari. Panas matahari mengakibatkan adanya kehidupan di Bumi. 

Berikut beberapa peran matahari bagi kehidupan di Bumi: 

1.      Seiring dengan perputaran Bumi pada porosnya, matahari membuat terjadinya siang dan malam. 

2.      Seiring dengan kemiringan posisi Bumi saat melakukan revolusi, matahari mengakibatkan terjadinya 4 musim di belahan Bumi utara dan selatan.

3.      Berperan pada siklus/perputaran air, hingga terjadi perubahan cuaca: mendung, panas, dan hujan. 

4.      Berperan pada proses terjadinya awan hingga terjadinya hujan yang membasahi dar atan hingga semua tumbuhan di darat dapat bertahan hidup. Air hujan yang tersimpan di tanah juga dimanfaatkan hewan dan manusia untuk keberlangsungan hidupnya.  

5.      Berperan pada proses fotosintesis sehingga semua tumbuhan baik di darat dan di laut dapat hidup, berkembang, dan membuat cadangan makanan untuk dikonsumsi hewan dan manusia. Panas matahari mengakibatkan perbedaan suhu udara yang memicu terjadinya angin. Tiupan angin kemudian juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi. 

6.      Panas matahari mengakibatkan air laut menguap, peristiwa ini dimanfaatkan pada proses pembuatan garam. 

7.      Cahaya dan panas matahari digunakan sebagai sumber energi pada panel surya, yang mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik. 

8.      Cahaya matahari di pagi hari juga membantu proses terjadinya vitamin D yang berguna bagi pertumbuhan tulang pada anak-anak. Begitu banyak peran matahari bagi kehidupan. Tanpa matahari maka tidak akan terjadi kehidupan di Bumi.

Manfaat cahaya matahari :

o   Membantu tumbuhan untuk proses fotosintesis.

o   Menerangi bumi.

Manfaat panas matahari lainnya adalah : 

o    Mengeringkan padi

o   Menghangatkan bumi.

o   Mengeringkan pakaian

o   Mengeringkan bahan makanan supaya awet, misalnya ikan Asin, dll.

o   Sumber energi panas dan listrik.

2.      Angin

Angin merupakan udara yang bergerak.

Manfaat angin :

1)      Mengerakkan perahu layar.

2)      Menerbangkan layang – layang.

3)      Menggerakkan pompa air pada system irigasi atau minum ternak.

4)      Kincir angin modern yang dapat menghasilkan listrik.

3.      Air

Sifat air yaitu mengalir dari tempat yang tinggi menuju tempat yang lebih rendah. Manfaat air :

1)      Menggerakkan kincir air untuk menghasilkan listrik.

2)      Olahraga air, misalnya arum jeram.

3)      Untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari . misalnya ; mencuci, minum,dll.

4.      Listrik

·         Listrik merupakan sebagai sumber energi serba guna. 

·         Untuk menghasilkan listrik, pembangkit listrik membutuhkan  sumber energi lain, misalnya : sumber energi air, sumber energi uap,  sumber energi angin, sumber energi panas bumi.

·         Dalam kehidupan sehari-hari, energi listrik digunakan untuk menggerakkan alat-alat listrik, misalnya : setrika, kipas angin, televisi, komputer, dll.

·         Listrik mempunyai kelebihan dari sumber-sumber energi lain, yaitu listrik tidak menimbulkan polusi (pencemaran). Namun demikian kamu harus menggunakan listrik dengan hati – hati, jika ceroboh kamu dapat tersetrum atau tersengat listrik. Bila ada kabel yang bocor / terkelupas juga kamu harus hati – hati karena bisa tersetrum atau tersengat listrik.

·         Di perkotaan banyak terjadi kebakaran yang diakibatkan karena adanya kosleting / hubungan arus pendek pada aliran listrik.

5.      Makanan

Makanan kita berasal dari tumbuhan dan hewan. Makanan merupakan sumber energi bagi manusia dan hewan. 

Melalui proses pencernaan makanan dalam tubuh kita akan menghasilkan energi. Proses ini berlangsung setelah kita makan.

Energi yang dihasilkan digunakan untuk melakukan kegiatan-kegiatan,menggerakkan  organ  tubuh, mempertahankan  kelangsungan  hidup, dan memenuhi keperluan hidup.

Semakin berat kegiatan yang kita lakukan, semakin besar energi yang dibutuhkan. Kita perlu makan setiap hari untuk mendapatkan energi.

6.      Minyak Bumi

Minyak bumi diperoleh dari dalam bumi dengan cara ditambang.

Minyak bumi banyak macamnya : bensin, solar, aftur, dan minyak tanah.

Bensin digunakan sebagai bahan bakar motor dan mobil.

Solar digunakan untuk bahan bakar mesin diesel.

Aftur digunakan sebagai bahan bakar pesawat terbang. Di dalam mesin, bahan bakar diubah menjadi panas dan menimbulkan tenaga mesin dapat bergerak. Minyak tanah digunakan untuk menyalakan kompor saat ibu-ibu sedang masak sehingga masakan akan menjadi matang. Minyak bumi mengandung energi. Kegunaan yang lain sebagai bahan bakar lampu tempel.

7.      Manfaat Batu Bara

Manfaat batu bara adalah:

1)      Menghasilkan metanol (sebagai bahan bakar cair untuk menggerakkan mesin di berbagai industri).

2)      Menghasilkan gas (sebagai bahan bakar gas untuk industri dan pembangkit listrik tenaga gas).

3)      Bahan bakar kompor briket (untuk memasak kebutuhan sehari-hari)

4)      Pembangkit listrik (bahan bakar untuk pembangkit listrik)

 

Perubahan Bentuk Energi 

Macam – Macam Bentuk Perubahan energi yaitu :

§  Angin menghasilkan energi gerak

Contoh : kincir angin

§  Air-energi gerak-listrik

Contoh : Pembangkit Listrik Tenaga Air

§  Energi panas – listrik

Contoh : PLTG (pembangkit Listri Tenaga Geothermal)

Geothermal merupakan sumber energi alternatif yang berasal dari panas bumi.

§  Energi Listrik menjadi energi panas

Contoh : setrika listrik, solder listrik yang digunakan.

§  Energi Listrik menjadi energi gerak

Contoh : kipas angin, blender.

§  Energi Listrik menjadi energi  bunyi

Contoh : TV, radio, dll.

§  Energi Listrik menjadi energi  cahaya

Contoh : lampu

§  Energi gerak  menjadi energi bunyi

Contoh : saat kita bertepuk tangan akan terdengar bunyi

§  Energi gerak  menjadi energi panas

Contoh : kedua tangan digosok akan terasa panas

§  Energi panas menjadi energi gerak

Contoh : kertas yang berbentuk spiral akan berputar saat dipanaskan di atas lilin.

Energi Alternatif

Energi Alternatif adalah energi yang dapat digunakan dan bertujuan untuk mengganti energi yang konvensional / energi yang dapat habis ( minyak tanah, bensin, batu bara ) berasal dari fosil.

Sumber Energi Alternatif

1.      Matahari

Energi yang berasal dari panas dan cahaya matahari.

Contoh : solarcell ( panel surya kompor tenaga surya, mobil tenaga matahari )

2.      Angin 

Energi yang berasal dari gerakan udara ( angin ).

Contoh : kincir angin untuk menggerakkan generator listrik ( aerogenerator )

3.      Air

Energi yang berasal dari aliran air.

Contoh : 

ü  Air terjun yang digunakan untuk menggerakkan generator listrik

ü  Air di dalam bendungan yang digunakan untuk menggerakkan generator listrik.

4.      Gelombang Air laut

Gelombang air laut memecah di pantai menghasilkan banyak energi. Energi ini dapat diubah menjadi energi listrik.

5.      Panas bumi

Energi panas bumi ( energi geotermal ) merupakan energi yang berasal dari panas yang disimpan di bawah permukaan bumi.

Bumi yang terbentuk seperti bola sesungguhnya tersusun dari lapisan – lapisan. Pusat bumi ini terbentuk dari lapisan batuan yang panas. Hal itu menunjukkan bahwa bumi merupakan sumber energi panas yang sangat besar.

Pengembangan energi geotermal saat ini hanya layak di daerah dekat lempeng tektonik.

6.      Bahan bakar bio

Merupakan bahan bakar yang bersal dari makhluk hidup baik hewan maupun tumbuhan.

Energi bio terdiri dari :

a.      Bioetanol 

Pengganti bensin, bahan bakunya bersal dari umbi – umbian.

Misalnya : umbi kayu dan umbi jalar, jagung, dan sagu.

b.      Biodiesel 

Pengganti solar, bahan bakunya bersal dari biji jarak, bunga matahari, kelapa sawit, kacang tanah, dan kedelai.

c.       Biogas 

pengganti gas, bahan bakunya berasal dari kotoran hewan dan sampah. Penguraian kotoran hewan dengan bantuan bekteri akan menghasilkan gas metana  yang digunakan untuk menyalakan kompor.

Klik👉 Kerjakan SOAL Penilaian Harian


Rangkuman

Modul Belajar Untuk Guru Belajar ASN PPPK Jenjang SD

     Demi membekali guru honorer dan lulusan pendidikan profesi guru dalam Seleksi Calon Guru Aparatur Sipil Negara Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (ASN PPPK), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK.
     Pemerintah sudah menyediakan fasilitas belajar mandiri secara gratis di http://gurubelajar dan berbagi.kemdikbud.go.id. Tonton video peluncuran Program guru belajar dan berbagi
Seri belajar mandiri calon Guru ASN PPPK di https://youtu.be/yR7sTFRk_lo.  
Pelajari selengkapnya modul belajar mandiri calon guru ASN PPPK jenjang SD tersedia 5 materi pelajaran.
1. BAHASA INDONESIA
2.  IPA
3. IPS
4. PPKN
5. MATEMATIKA
Modul Belajar materi ASN PPPK Jenjang SD dapat kalian Unduh secara gratis.
Silahkan Unduh di 👇


Ringkasan materi Kelas 3 Tema 6 Revisi 2018

Mengatasi kendala saat belajar dari rumah (BDR) pada masa pandemi ini, berikut saya tampilkan ringkasan materi Tema 6 Subtema 1, 2, 3, dan 4 yang bisa baca secara online dan dapat diunduh untuk dibaca secara offline. 
Ringkasan materi selengkapnya dapat dilihat pada tautan di bawah ini👇..
Ringkasan Materi Kelas 3 Tema 6 Subtema 1
Demikian, ringkasan materi yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat.

KD dan Indikator Kelas 5 semester 2

Kompetensi Dasar dan Indikator Kelas 5 Semester 2

       Dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) tentunya hal yang paling mendasar adalah menentukan Kompetensi dasar dan indikator. 
Berikut penulis akan membagikan KD dan Indikator untuk Kelas 5 Semester 2 yang mencakup Tema 6, Tema 7, Tema 8, dan Tema 9.

Baca juga KD dan Indikator Kelas 5 Semester 1

Surat Persetujuan Orang Tua

Untuk dapat melaksanakan pembelajaran secara offline (tatap muka) maka salah satu persyaratan yang harus dipenuhi adalah Orang tua membuat surat persetujuan atau surat pernyataan untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka di sekolah.
Berikut adalah contoh format surat persetujuan orang tua.
____________________________________________
    SURAT PERSETUJUAN ORANG TUA
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama:
Tempat, Tanggal Lahir:
Alamat:
Orang tua/Wali dari:
Nama: (Nama Anak)
Tempat, Tanggal Lahir
Alamat: 
  Dengan ini saya menyatakan bahwa saya menyetujui dan memberikan izin kepada anak saya untuk mengikuti proses pembelajaran secara offline (tatap muka) di sekolah.
    Demikian surat persetujuan ini saya buat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

                                       Naru, 08 Januari 2021
                                            Hormat Saya 
                            
                                         (Nama Orang tua)

SDK Naru

Grup WA resmi kelas 3 SDK Naru sebagai wadah untuk bertukar informasi antara pendidik dan peserta didik di SDK Naru. Berikut adalah Link Grup WA Kelas 3  SDK Naru. 
👇
Facebook : SDK Naru

Link Grup WA Pendidik dan Tenaga Kependidikan SDN Koeloda

Grup ini dibuat khusus untuk pendidik dan tenaga kependidikan SDN Koeloda.
Dengan mengklik link di bawah ini, anda akan langsung terhubung di grup WhatsApp (WA) khusus guru dan tenaga kependidikan Sekolah Dasar Negeri (SDN) Koeloda.
*Pastikan bahwa anda adalah Pendidik dan Tenaga Kependidikan di SDN Koeloda.
Klik link👇 untuk bergabung.

Ramuan Covid Ala Kemenkes

Surat edaran Kemenkes Nomor: HK.02.02/IV.2243/2020 Tentang Pemanfaatan Obat Tradisonal Untuk Pemeliharaan Kesehatan, Pencegahan Penyakit, dan Perawatan Kesehatan. 
Kemenkes: "Ramuan Covid"

Kode Etik Guru, Tata Tertib Guru, dan Ikrar Guru Indonesia

 

KODE ETIK GURU INDONESIA

  1. Guru berbakti membimbing anak didik seutuhnya untuk membentuk manusia pembangunan yang ber-Pancasila.
  2. Guru memiliki kejujuran profesional dalam menerapkan kurikulum sesuai dengan kebutuhan anak didik masing-masing.
  3. Guru mengadakan komunikasi terutama dalam memperoleh informasi tentang anak didik, tetapi menghindari diri dari segala bentuk penyalahgunaan.
  4. Guru menciptakan suasana kehidupan sekolah dan memelihara hubungan dengan orang tua murid sebaik-baiknya bagi kepentingan anak didik.
  5.  Guru memelihara hubungan baik dengan masyarakat di sekitar sekolahnya maupun masyarakat yang lebih luas untuk kepentingan pendidikan.
  6. Guru secara sendiri-sendiri dan atau bersama-sama berusaha mengembangkan dan meningkatkan mutu profesinya.
  7. Guru menciptakan dan memelihara hubungan antara sesama guru baik berdasarkan lingkungan kerja maupun di dalam hubungan keseluruhan.
  8. Guru secara bersama-sama memelihara, membina dan meningkatkan mutu organisasi guru profesional sebagai sara pengabdiannya.
  9. Guru melaksanakan segala ketentuan yang merupakan kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan.                               

  1.                                      IKRAR GURU INDONESIA

    1)   Kami Guru Indonesia, adalah insan pendidik bangsa yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

    2)   Kami Guru Indonesia, adalah pengemban dan pelaksana cita-cita dan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, pembela dan pengamal Pancasila yang setia pada UUD’45.

    3)   Kami Guru Indonesia, bertekad bulat mewujudkan tujuan nasional dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

    4)   Kami Guru Indonesia, bersatu dalam wadah organisasi perjuangan Persatuan Guru Republik Indonesia, membina persatuan dan kesatuan bangsa yang berwatak kekeluargaan.

    5)   Kami Guru Indonesia, menjunjung tinggi kode Etik Guru Indonesia sebagai pedoman tingkah laku profesi dalam pengabdian terhadap Bangsa, Negara serta kemanusiaan.


                       TATA TERTIB GURU INDONESIA

  1. 1)   Berkewajiban datang dan pulang tepat waktu sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan
  2. 2) Berbakti membimbing anak didik seutuhnya untuk membentuk manusia pembangunan yang pancasila.
  3. 3) Memiliki kejujuran profesional dalam menerapkan kurikulum sesuai dengan kebutuhan anak didik masing-masing.
  4. 4) Mengadakan komunikasi tertutama dalam memperoleh informasi tentang anak didik, tetapi menghindari diri dari segala bentuk penyalahgunaan.
  5. 5) Menciptakan suasana kehidupan sekolah dan memelihara hubungan dengan orang tua murid sebaik-baiknya bagi kepentingan anak didik.
  6. 6) Memelihara hubungan baik dengan masyarakat disekitar sekolahnya maupun masyarakat yang lebih luas untuk kepentingan pendidikan.  
  7. 7) Secara sendiri-sendiri dan atau bersama-sama berusaha mengembangkan dan meningkatkan mutu profesinya.

8)   Menciptakan dan memelihara hubungan antara sesama guru, baik berdasarkan lingkungan kerja, maupun dalam hubungan keseluruhan.

9)   Secara bersama-sama   memelihara,  membina   dan   meningkatkan   mutu  organisasi   guru profesional sebagai sarana pengabdian.

10) Melaksanakan segala ketentuan yang merupakan kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan.

11)   Memberikan teladan dan menjaga nama baik lembaga dan profesi.

12)   Meningkatkan kualifikasi akademik dan kompetensi secara berkelanjutan sejalan dengan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.

13)   Memotivasi peserta didik dalam memanfaatkan waktu untuk belajar diluar jam sekolah.

14)   Memberikan keteladanan dalam meciptakan budaya membaca, budaya belajar dan budaya bersih.

15)   Bertindak obyektif dan tidak diskriminatif atas dasar pertimbangan jenis kelamin, agama, suku, ras, kondisi fisik tertentu atau latar belakang keluarga dan status sosial ekonomi peserta didik dalam pembelajaran.

16)   Mentaati tata tertib dan peraturan perundang-undangan, kode etik guru serta nilai-nilai agama dan etika.

17)   Berpakaian yang menutup aurat bagi yang beragama Islam dan sesuai norma social masyarakat/norma kepatuhan bagi yang beragama lain.

18)   Tidak Merokok selama berada di lingkungan satuan pendidikan.

 

 Kode Etik Guru Indonesia

 Tata Tertib Guru Indonesia

 Ikrar Guru Indonesia

 

 

1



 

Analisis Berpikir dan Manfaafnya

Beberapa analisis berpikir yang sangat baik untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari: Analisis Berpikir Kritis 1. Pertanyaan 5W + 1H: S...

Populer