Susunan Acara (MC) Wisudah PAUD, Taman Kanak-Kanak, TK, Kober

Susunan Acara (MC) Wisudah TKK 
Tahun Ajaran 2023/2024

"Ada perpisahan karena ada perjumpaan. Karena itulah Kita berjumpa untuk berpisah. Ini adalah fakta tak terelakkan dalam dunia pendidikan."

Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua.
Yang terhormat kepala TKK MGK Naru
Yang Saya hormati bapak kepala desa Naru beserta jajaran
Yang saya hormati bapak ketua komite
Yang saya hormati kepala ….
Yang saya hormati bapak/ibu orang tua/ wali
Yang saya cintai anak-anak sekalian.
Pertama-tama patutlah kita memamanjatkan puji syukur kepada Tuhan karena atas rahmatnya kita boleh berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat. 
     Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal.
      Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan 6 (enam) perkembangan, yaitu: agama dan moral, fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional, dan seni, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan sesuai kelompok usia yang dilalui oleh anak usia dini. Apakah pendidikan anak usia dini itu penting bapak/ibu? Ya Pendidikan di TK itu penting. 
       Tujuan diselenggarakannya pendidikan anak usia dini, yaitu terdiri dari 
Tujuan utama,: untuk membentuk anak Indonesia yang berkualitas, yaitu anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya sehingga memiliki kesiapan yang optimal di dalam memasuki pendidikan dasar serta mengarungi kehidupan pada masa dewasa.
        Yang kedua adalah tujuan penyerta: untuk membantu menyiapkan anak mencapai kesiapan belajar (akademik) di sekolah, sehingga dapat mengurangi usia putus sekolah dan mampu bersaing secara sehat di jenjang pendidikan berikutnya.
Anak TK sering disebut sebagai golden age atau usia emas karena pada masa ini merupakan masa yang sangat bagus untuk meletakkan fundasi bagi anak dalam membentuk kepribadiannya mulai dari moral dam agama, fisik motorik, bahasa, akademik, sosial emosional, seni dan selain itu juga mental anak dipersiapkan secara baik sehingga mereka benar-benar siap dengan penuh percaya diri untuk melanjutkan pendidikan di tingkat selanjutnya.
       Hari ini di moment sukacita ini kita akan menyaksikan dimana anak-anak kita akan diwisudakan.
Wisuda adalah upacara peneguhan atau pelantikan bagi seseorang yang telah menempuh pendidikan. Wisudah pada jenjang TK memang bukan merupakan suatu keharusan tetapi peristiwa ini diharapkan dapat menumbuhkan minat dan semangat juang untuk anak-anak kita untuk menempuh pendidikan selanjutnya.
Maka dari itu, kami menyampaikan terimahkasih berlimpah kepada bapak/ibu orang tua dan tamu undangan sekalian yang sudah mengorbankan waktu, tenaga dan pikiran untuk rela hadir di tempat ini. 
Dari tempat ini juga kami menyampaikan terimakasih berlimpah kepada bapak/ibu donatur/pemerhati pendidikan yang telah membantu kami mulai dari persiapan, moril dan materil sehingga segala sesuatu berjalan sesuai yang diharapkan.
Hari ini anak-anak kita bisa tampil keceh. Mereka sangat cantik dan ganteng dengan menggunakan busana wisudah. Ini semua berkat bantuan dan dukungan dari Om Joice Djawa. Terimakasih om Joice semoga kebaikannya terhargakan oleh berkat Tuhan yang luar biasa sehingga dimudahkan segala urusan. 
Terimakasih juga untuk bapak/ibu orang tua yang dengan antusiasnya menyukseskan kegiatan ini mulai dari perencanaan dan persiapan sehingga hari ini puji Tuhan kita bisa melaksanakan acara wisudah ini dapat berjalan sesuai yang kita harapkan. Namun, terlepas dari semua itu, saya menyampaikan permohonan maaf bila mana ada tutur kata atau pelayanan kami yang kurang berkenan dihati bapak/ibu sekalian. Bila ada yang kurang harap dimaklumi karena kami juga makhluk yang tidak terlepas dari segala keterbatasan. 
Baiklah bapak/ibu hadirin sekalian, saya akan menyampaikan susunan acara yang akan kita lalui hari ini, yaitu:
1. Pembukaan 
2. Lagu Indonesia Raya
3. Sambutan-Sambutan
   - Kepala Sekolah
   - Yang mewakili orang tua
   - Ketua Komite
   - Kepala Desa
4. Prosesi wisuda
5. Pembagian Hadiah Siswa Berprestasi
6. Doa.
7. Kreasi dan Pentas Seni Siswa
8. Santap siang
9. Sayonara

Itulah rangakaian upacara yang akan kita laksanakan. 
1. Bapak/ibu hadirin sekalian dengan ini acara wisudah siswa TKK Maria Gunung Karmel Satap SDK Naru tahun pelajaran 2023/2024 dimulai.
2. Menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh ibu Neldis. Hadirin saya ajak berdiri.
(Terimakasih kepada ibu Neldis).
3. Sambutan:

Sambutan oleh kepala TKK Maria MGK Satap SDK Naru. Kepada ibu waktu dan tempat kami persilahkan. (Terima Kasih ibu kepala sekolah atas sambutannya)

Selanjutnya mari kita dengarkan sambutan dari yang mewakili orang tua/wali siswa. Kepada yang dipercayakan waktu dan tempat kami persilahkan. (Terimakasih kepada bapak/ibu… atas sambutannya). 

Yang berikut sambutan oleh ketua komite. Kepada bapak kami persilahkan. (Terimakasih bapak Dami atas sambutannya)

Yang terakhir mari kita dengarkan sambutan oleh bapak kepala desa Naru. Kepada bapak, waktu dan tempat kami persilahkan. (Terimakasih bapak desa atas sambutannya).

4. Setelah acara sambutan, kita melangka ke acara berikutnya yaitu prosesi wisuda untuk anak-anak kita. Anak yang namanya dibacakan langsung maju ke depan.
5. Apresiasi yang setinggi-tingginya kami berikan kepada anak…sebagai peserta lulusan terbaik. Oleh karena itu anak… kami undang untuk maju ke depan (pembagian serifikat/hadiah kepada anak).
Proficiat untuk anak-anakku sekalian akhirnya hari ini kalian telah dinyatakan selesai melewati pendidikan di jenjang TK. Selamat menempuh pendidikan selanjutnya di tingkat SD. Semoga kalian lebih semangat dan kiranya menjadi anak yang baik dan berguna bagi keluarga, gereja, bangsa dan nègara. Mari kita berikan tepukan tangan yang meriah untuk anak-anak kita. 
Kita juga berikan tepukan tangan yang meriah untuk orang tua siswa yang dengan sadar memahami bahwa pendidikan di TK itu sangat penting untuk mempersiapkan mental anak. Kia berikan tepukan tanan yang meriah…. 
6. Doa
Sekali lagi saya minta kesediaan ibu Neldis untuk memimpin doa. (Terimakasih kepada ibu Neldis)
7. Acara selanjutnya adalah kreasi dan pentas seni/tarian yang dibawakan oleh putra putri kita yang cantik-cantik dan ganteng-ganteng.
8. Santap siang
9. Sayonara
Bapak/ibu hadirin sekalian, demikianlah seluruh rangkaian acara kita hari ini. Terimakasih untuk kesetiaan dan kesabarannnya yang sudah bertahan sampai akhir. Sekali lagi kami mohon maaf bila ada ucapan, tingkah laku dan pelayanan kami yang kurang berkenan.  Sayonara sampai jumpa lagi. Salam sejahtera untu kita semua.

Kurikulum Mulok Kabupaten Ngada

STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR

 MUATAN LOKAL KABUPATEN NGADA

                     

                                                          DOWNLOAD

  1. Tujuan

Mata pelajaran Muatan Lokal bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut;

  1. Memahami konsep dan pentingnya muatan lokal.

  2. Menampilkan sikap apresiasi terhadap muatan lokal setempat.

  3. Menampilkan kreativitas melalui muatan lokal.

  4. Menampilkan peran serta dalam muatan lokal untuk memenuhi kebutuhan daerah kabupaten dan propinsi.


  1.  Ruang Lingkup

Mata pelajaran Muatan Lokal  meliputi aspek – aspek sebagai berikut;

  1. Bahasa Daerah Ngada

  2. Alat Musik Tradisional

  3. Cerita Rakyat Daerah NTT

  4. Tarian Daerah dan Pakaian Adat Daerah Setempat

  5. Makanan dan Minuman Sebagai Sarana Kesehatan


            Di antara kelima bidang muatan lokal yang ditawarkan, minimal diajarkan empat bidang muatan lokal sesuai dengan kemampuan sumber daya manusia serta fasilitas yang tersedia. Pada Sekolah yang mampu menyelenggarakan pembelajaran lebih memilih bidang muatan lokal yang diikutinya. Pada tingkat SD/MI, mata pelajaran muatan lokal dari kelima aspek materi di atas semuanya bermanfaat bagi kepentingan anak didik.


  1. Materi    : Bahasa Daerah Ngada


NO

KLS/

SMT

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

KETR.

1.

I/1-2

1.Memahami Bahasa Daerah

1.1 Menyapa orang lain dalam keluarga dengan menggunakan bahasa daerah Ngada (Bajawa)

1.2. Menjelaskan status dalam keluarga dengan menggunakan bahasa daerah Ngada (Bajawa)

1.3 .Mengenal nama bilangan 1 – 10 dengan menggunakan bahasa daerah Ngada (Bajawa)


2.

II/

1-2

2. Memahami pesan pendek dengan menggunakan bahasa daerah

2.1 Menyampaikan pesan pendek yang didengarnya kepada orang lain dengan menggunakan bahasa daerah Ngada

2.2 Menulis cerita pendek dengan menggunakan bahasa daerah Ngada

2.3 Mengenal anggota badan dengan menggunakan bahasa daerah Ngada


3.

III/

1-2

3. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan pengalaman dengan menggunakan bahasa daerah

3.1 Menceritakan pengalaman dengan menggunakan bahasa daerah Ngada

3.2. Melakukan percakapan secara tertulis dengan menggunakan bahasa daerah Ngada

3.4. Mengenal ungkapan adat dengan menggunakan bahasa daerah Ngada


4.

IV/

1-2

4. Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman serta pentunjuk dengan menggunakan bahasa daerah

4.1 Menceritakan pengalaman serta menemukan makna yang terkandung dalam pangalaman tersebut dengan menggunakan bahasa daerah Ngada

4.2 Menulis karangan pendek dengan menggunakan bahasa daerah Ngada.


5.

V/

1-2

5.Memahami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek dengan menggunakan bahasa daerah

5.1 Menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi di lingkungan sekitar dengan menggunakan bahasa daerah Ngada

5.2 Menulis karangan yang panjang dengan menggunakan bahasa darah Ngada.


6.

VI/

1-2

6. Mengungkapkan pikiran, perasaan, pesan serta informasi dengan menggunakan bahasa daerah

6.1 Berpidato atau presentasi untuk berbagai keperluan dengan menggunakan bahasa daerah Ngada.

6.2 Menyampaikan berbagai informasi berupa pesan-pesan moral dengan menggunakan bahasa daerah.




  1. Materi    : Alat Musik Tradisional


NO

KLS/

SMR

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

KETR.

1.

I/1-2

  1. Memahami alat musik tradisional

  1. Mengenal alat musik tradisional daerah Ngada

  2.  Membedakan bunyi alat musik tradisional dengan alat musik lainnya

  3. Menyebut jumlah minimal alat musik tradisional daerah Ngada


2.

II/

1-2

2.Mendeskripsikan alat musik tradsional

2.1 Membedakan jenis-jenis alat musik tradisional Ngada

2.2 Menyebut nama/jenis alat musik tradisional daerah Ngada

2.3.Mendeskripsikan secara singkat manfaat alat musik tradisional Ngada


3.

III/

1-2

3.  Mendeskripsikan dan mengidentifikasi alat musik tradisional

3.1 Mendeskripsikan secara singkat tentang manfaat alat musik tradisional daerah Ngada

3.2 Mendeskripsikan bahan-bahan pembuatan alat musik tradisional daerah Ngada


4.

IV/

1-2

4. Memahami dan Mempraktikkan cara memainkan alat musik tradisional 

4.1 Menabuh dengan benar minimal satu jenis alat musik tradisional daerah Ngada

4.2 Menabuh dengan benar minimal satu jenis alat musik tradisional sesuai dengan irama.


5.

V/

1-2

5. Mempraktikkan variasi cara memainkan alat musik tradisional

5.1 Menabuh dengan benar minimal 80 % jenis alat musik tradisional Ngada

5.2 Menabuh dengan benar minimal 80 % jenis alat musik tradisional sesuai dengan irama tari.


6.

VI/

1-2

6. Memahami alat musik tradisional daerah lain dan mempraktikkan dengan benar alat tradisional daerah sendiri.

6.1 Mengenal alat musik tradisional daerah lain

6.2. Menabuh minimal semua jenis alat tradisional daeran Ngada dengan benar

6.3 Menabuh minimal semua jenis alat tradisional daeran Ngada sesuai dengan irama tari





  1. Materi    : Cerita Rakyat Daerah NTT


NO.

KLS/

SMR

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

KETR.

1.

I/

1-2

1. Mengekspresikan pikiran, perasaan dan pengalaman melalui cerita rakyat

1.1 Menunjukan perasaan sedih/ gembira berdasarkan cerita yang didengarnya

1.2. Memberikan komentar secara lisan berdasarkan cerita yang didengarnya.


2.

II/

1-2

2.Memahami pesan pendek melaui cerita rakyat

2.1 Menyampaikan pesan pendek yang didengarnya melalui cerita rakyat

2.2 Memberikan komentar tentang tokoh-tokoh cerita rakyat yang didengarnya


3.

III/

1-2

  1. Mengungkapkan pikiran, perasaan dan memberikan tanggapan tentang cerita rakyat

3.1 Menceritakan kembali rakyat yang didengarnya

3.2 Mengidentifikasi tokoh-tokoh dalam cerita rakyat yang didengarnya.

3.3 Memberikan komentar tentang tokoh-tokoh dalam cerita rakyat yang didengarnya


4.

IV/

1-2

  1. Memahami cerita dongeng daerah sekitar

  1. Mengidentifikasi cerita rakyat daerah NTT

  2. Mengidentifikasi nilai-nilai yang terkandung dalam cerita rakyat yang didengarnya


5.

V/

1-2

5.Memahami cerita tentang suatu peristiwa melalui rakyat yang disampaikan secara lisan

5.1 Menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi masa lampau malalui dongeng yang didengarnya secara lisan

5.2 Mengidentifikasi nilai-nilai yang terkandung dalam cerita rakyat yang didengarnya


6.

VI/

1-2

  1. Mengungkapkan pikiran, perasaan, serta pengalaman sesuai watak cerita rakyat

  1. Menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi masa lampau serta membandingkannya dengan peristiwa faktual masa kini

  2. Mengidentifikasi tokoh-tokoh cerita sesuai peran

  3. Mengidentifikasi nilai-nilai yang terkandung dalam cerita dongeng yang didengarnya.





  1. Materi : Tarian Daerah dan Pakaian Adat Daerah Setempat


NO.

KLS/

SMR

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

KETR.

1.

I/

1-2

1. Mengapresiasi tarian dan pakaian daerah

1.1 Menunjukan sikap apresiasi terhadap tarian daerah melalui ungkapan pribadi

1.2 Menunjukan sikap apresiasi terhadap pakaian daerah setempat melalui ungkapan pribadi


2.

II/

1-2

2.Mengekspresikan diri terhadap tarian dan pakaian daerah

2.1 Mengekspresikan diri terhadap tarian daerah melalui gerakan tarian

2.2 Mengekpresikan diri terhadap pakaian daerah melalui ungkapan pribadi


3.

III/

1-2

3.Mengapresiasi gerak tari dan pakaian daerah

    1. Mengapresiasi diri terhadap tarian daerah melalui gerak tarian dengan musik

    2. Menunjukan sikap apresiatif terhadap berbagai ragam tarian daerah sesuai dengan musik


4.

IV/

1-2

  1. Mengapresiasi karya seni tari dan pakaian daerah

4.1 Mengidentifikasi gerak, busana, dan perlengkapan tarian daerah Ngada

4.2 Menunjukan sikap apresiatif terhadap keunikan busana, gerak, dan perlengkapan tarian daerah Ngada

4.3 Memeragakan tarian dengan menggunakan pakaian daerah Ngada


5.

V/

1-2

  1. Mengapresiasi karya seni tari dan pakaian daerah

5.1.  Mengidentifikasi gerak, busana, dan perlengkapan tarian daerah Ngada

5.2 Menunjukan sikap apresiatif terhadap keunikan busana, gerak, dan perlengkapan tarian daerah Ngada

5.3 Memeragakan tarian dengan menggunakan pakaian daerah Ngada


6.

VI/

1-2

  1. Mengapresiasi karya seni tari dan pakaian daerah

6.1.  Mengidentifikasi gerak, busana, dan perlengkapan tarian daerah Ngada

6.2 Menunjukan sikap apresiatif terhadap keunikan busana, gerak, dan perlengkapan tarian daerah Ngada

6.3 Memeragakan tarian dengan menggunakan pakaian daerah Ngada


E.Materi    : Makanan dan Minuman Sebagai Sarana Kesehatan


NO.

KLS/

SMR

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

KETR.

1.

I/

1-2

1. Memahami jenis makanan minuman

1. Mengenal jenis-jenis makanan dan minuman

2. Mengenal jenis-jenis makanan dan minuman sehat


2.

II/

1-2

2.Memahami jenis makanan dan minuman sehat

1. Mengenal jenis-jenis makanan dan minuman sehat

2. Mengenal makanan empat sehat lima sempurna


3.

III/

1-2

3.Memahami jeni-jenis makanan dan minuman sehat

1.Mengenal makanan empat sehat lima sempurna

2. mengidentifikasi makanan empat sehat lima sempurna dan minuman sehat


4.

IV/

1-2

4.Mengidentifikasi makanan dan minuman sehat

1. Mengidentifikasi makanan empat sehat lima sempurna dan minuman sehat

2. Mengolah dan menyiapkan makanan sehat


5.

V/

1-2

5.Mengidentifikasi berbagai jenis makanan dan minuman sehat dengan berbagai cara.

1. Mengidentifikasi makanan empat sehat lima sempurna

2. Mengolah dan menyiapkan makanan dan minuman  sehat


6.

VI/

1-2

6. Mengidentifikasi berbagai jenis makanan dan minuman  sehat dengan berbagai cara.

1. Mengidentifikasi makanan empat sehat lima sempurna

2. Mengolah dan menyiapkan makanan dan minuman sehat




Catatan :

  1. Draf Muatan Lokal Tahun 2020/2021

  2. Otonomi Guru Kelas untuk menentukan SK dan KD pada Semester yang bekenaan.

  3. Silahkan untuk mengadakan Perbaikan berupa penambahan materi, SK, KD, atau perbaikan materi, SK dan KD yang ada.

  4. Daerah Ngada dapat diganti dengan Bajawa

  5. Materi dicari dan disusun oleh Guru Kelas/Mata Peajaran Mulok

  6. Ide yang cemerlang dari bapa/ibu kami ucapkan terima kasih.




SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) KELAS 5 SEMESTER 1 KURIKULUM 2013

                                                         DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

                                                                        SEKOLAH DASAR SWASTA KATOLIK NARU

                                          PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS)                                          

TAHUN PELAJARAN 2023/2024

 


Nama                 : .........................................                           Muatan Pelajaran : PPKN

Hari / Tanggal   : .............................                                       Waktu                  :  90 Menit

Kelas                 :  5 (Lima)                                            

 


Kerjakan soal berikut dengan teliti!

 

NO

PERTANYAAN

JAWABAN

BOBOT

1

Semboyan bangsa Indonesia yang mewajibkan kita untuk saling menghargai dan mencintai keberagaman dan perbedaan dalam masyarakat, berbunyi….

 

 

2

Ose, Gaspar, dan Mia satu kelompok belajar dengan Ahmad. Mereka mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru dengan penuh tanggung jawab. Mereka melakukan diskusi secara aktif tanpa memandang perbedaan agama. Pada pukul 11.40, Ose dan yang lainnya memperbolehkan Ahmad melakukan solat Jumat, sedangkan pada pukul 12.00 Ahmad memperbolehkan teman-temannya melaksanakan doa Angelus. Mereka sangat rukun dan saling menghormati. Ibu Roli selaku wali kelas memberikan apresiasi kepada mereka karena mereka sangat menjunjung tinggi toleransi antara umat beragama. Sikap yang ditunjukkan oleh Ose, Gaspar, Mia, dan Ahmad merupakan pengamalan sikap yang sesuai dengan nilai-nilai luhur Pancasila pada sila ke…

 

 

3

Memajukan pergaulan tanpa memandang suku, agama, atau golongan demi terciptanya persatuan dan kesatuan bangsa. Hal ini merupakan nilai-nilai luhur Pancasila yang terkandung dalam sila…

 

 

4

Manusia sebagai makhluk sosial, artinya bahwa manusia tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Misalnya jika kita menyelesaikan pekerjaan yang berat, kita dapat menyelesaikannya dengan cara bergotong royong.  Gotong royong berarti bekerja bersama-sama.

Mengembangkan perbuatan yang luhur, yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan serta gotong royong merupakan nilai luhur Pancasila yang terkandung dalam sila ke…

 

 

5

Sebagai warga negara Indonesia, kita mempunyai kedudukan, hak dan kewajiban yang sama. Pernyataan tersebut merupakan nilai luhur Pancasila yang terkandung dalam sila ke…

 

 

6

Simbol Pancasila di atas mengajarkan kita untuk hidup….

 

 

7

Sebagai siswa perlu menerapkan sikap yang baik yang berlandaskan Pancasila agar terciptanya hubungan yang damai dan harmonis di lingkungan sekolah. Membantu teman yang mengalami musibah merupakan bentuk prilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila sila ke…

 

 

8

Mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan merupakan bentuk prilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila sila ke…

 

 

9

Pada akhir tahun 1944, Jepang sering mengalami kekalahan dari Sekutu. Jepang lalu berubah dan menunjukkan sikap yang lebih baik demi menarik simpati rakyat Indonesia. Jepang berusaha menghentikan perlawanan rakyat dan membujuk rakyat Indonesia agar mau membantu Jepang untuk berperang melawan Sekutu. Pada saat itu, Perdana Menteri Jepang yaitu Kuniaki Koiso di depan sidang Parlemen Jepang mengucapkan janji kepada rakyat Indonesia. Janji yang diucapkan oleh Jepang itu dinamakan …

 

 

10

Janji Koiso kepada rakyat Indonesia dibuktikan dengan membentuk Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Melakukan penyelidikan tentang usaha-usaha mencapai Indonesia merdeka merupakan tugas….

 

 

11

Sesuatu yang mutlak menjadi milik seseorang dan penggunaannya tergantung kepada orang yang bersangkutan disebut…

 

 

12

Pada setiap hari Jumat, Omi sangat aktif dalam mengikuti kerja bakti membersihkan lingkungan tempat tinggal bersama warga masyarakat. Sikap yang dilakukan Omi merupakan bentuk kewajiban di lingkungan…

 

 

13

Destan adalah anak yang baik dan rajin. Setiap hari ia bangun pukul 05.00 pagi. Setelah berdoa, Destan membereskan tempat tidur dan menyapu halaman rumah. Destan juga adalah anak yang tertib. Ia tidak pernah terlambat datang ke sekolah. Saat pelajaran berlangsung, ia memperhatikan guru dengan baik dan mengerjakan tugas yang diberikan dengan penuh tanggung jawab. Tak lupa ia bertanya jika ada hal yang belum dipahaminya. Berdasarkan cerita di atas, hak Destan sebagai seorang murid ditunjukkan pada tindakan…

 

 

14

Bersih itu indah. Agar lingkungan tetap indah, maka haruslah dijaga kebersihannya. Oleh karena itu, merawat dan membersihkan lingkungan sekolah merupakan tanggung jawab…

 

 

15

Nanda meminjam buku cerita di perpustakaan SDK Naru. Secara tidak sengaja Nanda menyobekkan cover buku tersebut. Ia melaporkan kepada petugas perpustakaan dan bersedia menggantikan buku yang rusak dengan yang baru. Tindakan Nanda merupakan bentuk…

 

 

16

Joni siswa kelas 5 sekolah dasar. Di sekolah Joni dilakukan pemilihan ketua OSIS. Dia ingin ikut berpartisipasi dalam pemilihan ketua. Cara berpartisipasi yang tepat bagi Joni adalah…

 

 

17

PESTA KRISTUS RAJA SEMESTA ALAM

Menjelang perayaan Kristus Raja Semesta Alam, semua umat Stasi Naru sangat sibuk mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan perayaan tersebut. SDK Naru juga turut mengambil bagian dalam perayaan ekaristi yaitu mendapat tugas dari stasi yaitu membawahkan tarian dan menyiapkan bahan persembahan.

Perayaan misa Kristus Raja ini dihadiri oleh seluruh umat Paroki St. Yoseph Bajawa. Murid SDK Naru sangat antusias untuk menyukseskan kegiatan tersebut. Pak Felix selaku pelatih menyampaikan bahwa murid harus disiplin, serius dan semangat untuk mengikuti latihan tari agar bias menghafal ragam tari sehingga bisa tampil dengan baik dan maksimal.

Selain itu, kepala SDK Naru juga menyampaikan bahwa kalau penari bias menunjukkan yang terbaik maka umat yang ikut misa dan SDK Naru juga tentu senang. Untuk itu, para penari diminta untuk membawah buluh bebek, kertas manila, dan benang untuk membuat properti tari, serta menyiapkan sendiri pakaian adat yang akan dikenakan pada saat menari.

Pada saat upacara bendera hari Senin, 27 November 2023 Kepala SDK Naru menyampaikan pujian, apresiasi dan terimakasih kepada murid dan guru yang telah terlibat aktif dalam kegiatan perayaan misa Kristus Raja Semesta Alam, karena berkat kerja sama semua warga sekolah akhirnya dari persiapan sampai pada puncak perayaan dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Berdasarkan teks tersebut , hak yang didapat oleh para penari dan seluruh warga sekolah adalah…

 

 

18

Murid SDK Naru menjalankan program projek penguatan profil pelajar Pancasila melalui penanaman tanaman hortikultura. Hak yang akan diperoleh dari kegiatan tersebut adalah….

 

 

19

PESTA KRISTUS RAJA SEMESTA ALAM

Menjelang perayaan Kristus Raja Semesta Alam, semua umat Stasi Naru sangat sibuk mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan perayaan tersebut. SDK Naru juga turut mengambil bagian dalam perayaan ekaristi yaitu mendapat tugas dari stasi yaitu membawahkan tarian dan menyiapkan bahan persembahan.

Perayaan misa Kristus Raja ini dihadiri oleh seluruh umat Paroki St. Yoseph Bajawa. Murid SDK Naru sangat antusias untuk menyukseskan kegiatan tersebut. Pak Felix selaku pelatih menyampaikan bahwa murid harus disiplin, serius dan semangat untuk mengikuti latihan tari agar bias menghafal ragam tari sehingga bisa tampil dengan baik dan maksimal.

Selain itu, kepala SDK Naru juga menyampaikan bahwa kalau penari bias menunjukkan yang terbaik maka umat yang ikut misa dan SDK Naru juga tentu senang. Untuk itu, para penari diminta untuk membawah buluh bebek, kertas manila, dan benang untuk membuat properti tari, serta menyiapkan sendiri pakaian adat yang akan dikenakan pada saat menari.

Pada saat upacara bendera hari Senin, 27 November 2023 Kepala SDK Naru menyampaikan pujian, apresiasi dan terimakasih kepada murid dan guru yang telah terlibat aktif dalam kegiatan perayaan misa Kristus Raja Semesta Alam, karena berkat kerja sama semua warga sekolah akhirnya dari persiapan sampai pada puncak perayaan dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Berdasarkan teks tersebut, yang merupakan kewajiban dari penanari adalah…

 

 

20

PESTA KRISTUS RAJA SEMESTA ALAM

Menjelang perayaan Kristus Raja Semesta Alam, semua umat Stasi Naru sangat sibuk mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan perayaan tersebut. SDK Naru juga turut mengambil bagian dalam perayaan ekaristi yaitu mendapat tugas dari stasi yaitu membawahkan tarian dan menyiapkan bahan persembahan.

Perayaan misa Kristus Raja ini dihadiri oleh seluruh umat Paroki St. Yoseph Bajawa. Murid SDK Naru sangat antusias untuk menyukseskan kegiatan tersebut. Pak Felix selaku pelatih menyampaikan bahwa murid harus disiplin, serius dan semangat untuk mengikuti latihan tari agar bias menghafal ragam tari sehingga bisa tampil dengan baik dan maksimal.

Berdasarkan teks tersebut, yang merupakan bentuk tanggung jawab adalah…

 

 

21

Nilai-nilai Pancasila perlu sekali dikembangkan dalam lingkungan keluarga. Hal ini dimaksudkan agar tercipta suasana yang tenang, sejahtera, damai, dan aman. Tanpa nilai-nilai Pancasila semua itu tidak akan tercapai. Tulislah 3 bentuk penerapan nilai luhur Pancasila yang sesuai dengan sila Ketuhanan Yang Maha Esa di lingkungan keluarga!

 

 

22

Pancasila tidak dapat dipisahkan dari kehidupan bangsa Indonesia. Pancasila memiliki kedudukan yang penting dalam kehidupan bangsa Indonesia. Kedudukan Pancasila dalam kehidupan bangsa Indonesia adalah 1) Pancasila sebagai Dasar Negara, 2) Pancasila sebagai cita-cita bangsa, 3) Pancasila sebagai Ciri Khas Bangsa Indonesia, dan 4) Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa.

Jelaskan arti Pancasila sebagai dasar Negara dan pandangan hidup bangsa

 

 

23

Setelah kita melaksanakan kewajiban dan tanggung jawab, maka kita akan mendapatkan hak. Tulislah 3 contoh hak yang bisa dapatkan di lingkungan keluarga!

 

 

24

Untuk menjadi siswa yang baik dan pintar tentu tidaklah cukup. Sebagai murid di sekolah selain mendapatkan hak, murid juga harus memenuhi segala kewajiban dan tanggung jawab. Tulislah 3 bentuk kewajiban sebagai murid di sekolah!

 

 

25

Antara hak, kewajiban, dan tanggung jawab harus sebanding, seimbang, dan selaras. Kita boleh mendapatkan hak setelah kita melakukan kewajiban dan tanggung jawab. Sebagai seorang murid di sekolah, jelaskan apa yang akan terjadi jika tidak ada keseimbangan antara hak, kewajiban, dan taggung jawab?

 

 

 

 

 

NILAI

 

 

 

 

PARAF ORANG TUA

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Analisis Berpikir dan Manfaafnya

Beberapa analisis berpikir yang sangat baik untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari: Analisis Berpikir Kritis 1. Pertanyaan 5W + 1H: S...

Populer