Soal Sumatif Pancasila Semester 1 Kurikulum Merdeka

PEMERINTAH KABUPATEN NGADA DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

SEKOLAH DASAR SWASTA KATOLIK NARU

ASSESMENT SUMATIF LINGKUP MATERI

TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Mata Pelajaran    : Pancasila

Kelas    : IV(Empat)

Hari/tanggal    :             ,    Desember 2022

Waktu    : 07.30 – 09.15


PETUNJUKUMUM:

  1. Tulislah namamu disudut kanan atas pada lembar jawaban!

  2. Bacalah dengan teliti soal yang akan kamu kerjakan!

  3. Kerjakandahulu soal-soalyang kamu anggap paling mudah!

  4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum kamu serahkan kepada Bapak Guru!


SELAMAT MENGERJAKAN


JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN DI BAWAH INI DENGAN URAIAN YANG JELAS DAN TEPAT!


BPUPK merupakan badan penyelidik usaha persiapan kemerdekaan yang dibentuk atas dasar ....



Rencana yang sudah dipastikan akan dilaksanakan setelah kekalahan Jepang dari sekutu



Janji Jepang untuk kemerdekaan bangsa Indonesia



Desakan tokoh - tokoh Indonesia untuk mengambil langkah memerdekakan Indonesia setelah mengetahui kekalahan Jepang oleh sekutu



Kesepakatan dan waktu yang tepat untuk memperoleh kemerdekaan Indonesia dari Jepang

  1. Salah satu dari tugas utama BPUPK adalah ....

  1. Menyelidiki sesuatu mengenai persiapan kemerdekaan Indonesia

  2. Menentukan waktu ditetapkannya kemerdekaan Indonesia

  3. Membentuk pemerintahan yang sah

  4. Membentuk Dasar Negara dan Undang- Undang Dasar

  1. Sidang BPUPKI dilaksanakan sebanyak dua kali sidang resmi dan satu kali sidang tak resmi. Sidang pertama BPUPKI pada tanggal 29 Mei sampai 1 Juni1945 membahas tentang ....

  1. Rancangan UUD

  2. Dasar negara

  3. Pelaksanaan proklamasi kemerdekaan

  4. Pembentukan kabinet

  1. Tokoh kemerdekaan yang menjadi ketua dan wakil ketua panitia sembilan adalah ....

  1. Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta

  2. Ir. Soekarno dan Dr. K.R.T. Radjiman

  3. Wedyodiningrat

  4. Ir. Soekarno dan H. Agus Salim

  5. Ir. Soekarno dan Mr. Soepomo

  1. Berdasarkan hasil sidang PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945, rumusan Pancasila sebagai dasar negara tercantum dalam pembukaan UUD 1945 alenia....

  1. Pertama

  2. Kedua

  3. Ketiga

  4. Keempat

  1. Dalam perumusan dasar negara, banyak sekali pendapat yang diajukan oleh para tokoh kemerdekaan, namun keputusan tetap dihasilkan melalui jalan musyawarah yang panjang sehingga disepakatilah dasar negara pancasila. Hal ini menunjukkan bahwa para tokoh kemerdekaan tersebut mengedepankan nilai ....

  1. Keadilan sosial

  1. Persatuan dan kesatuan

  2. Kemanusiaan

  3. Tanpa pamrih

  1. Dalam merumuskan dasar negara, penekanan nilai semangat persatuan dan kesatuan sangat diutamakan oleh para pendiri bangsa. Hal ini dibuktikan dengan....

  1. Usul- usul yang langsung dapat diterima

  2. Usulan yang diterima adalah yang berasal dari tokoh yang berpengaruh

  3. Usulan yang paling masuk akal akan dapat disahkan

  4. Setiap usulan ditampung dan dimusyawarahkan secarabersama- sama

  1. Pancasila adalah landasan ideologi bangsa Indonesia dan menjadi dasar negara yang tercantum dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Sejak 1 Juni 1945, Pancasila memiliki kedudukan yang sangat penting. Saat itu Ir. Soekarno mengemukakan konsep Pancasila untuk dasar negara dalam pidato di sidang BPUPKI. Pancasila terdiri dari kata panca berarti lima dan sila yang artinya prinsi atau asas, yang berarti lima dasar. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang religius yaitu bangsa yang beriman dan bertakhwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, hal ini merupakan makna sila Pancasila....

  1. Sila ke-1

  2. Sila ke-2

  3. Sila ke-3

  4. Sila ke-4

  1. Perhatikan gambar berikut!

Berilah tanda centang (√)pada pilihan yang tersedia (jawaban boleh lebih dari satu)

Contoh penerapan sila pancasila berdasarkan gambar di atas dalam lingkungan keluarga adalah.....

Giat belajar agar dapat menyenangkan keluarga

Mengikuti upacara bendera setiap hari Senin

Prilaku rasa hormat kepada anggoa keluarga yang lebih tua dan menghargai anggota keluarga yang lebih muda.

Selalu menjaga kerukunan dengan sesama anggota keluarga.

Melaksanakan piket bersama teman-teman sesuai jadwal yang sudah ditetapkan sebeleum masuk kelas dan setelah selesai pembelajaran.

  1. Berilah tandacentang (√)pada pilihan yang tersedia (jawaban boleh lebih dari satu)

Berikut ini sikap yang sesuai dengan Pancasila sila ke-4 adalah....

Menghargai pendapat teman yang lain saat mengikuti pelajaran di kelas

Belajar berani menyampaikan pendapat di kelas

Mengikuti upcara bendera pada hari Senin

Mengikuti diskusi di kelas dengan aktif

Mengikuti misa pada hari Minggu di Gereja

  1. Norma merupakan kaidah atau aturan yang harus dipatuhi oleh setiap manusia dalam menjalankan berbagai aktivitas kehidupannya dalam lingkup ....

  1. Keluarga

  2. Keluarga dan masyarakat

  3. Keluarga dan lingkungannya

  4. Keluarga, masyarakat dan berbangsa bernegara

  1. Salah satu ciri- ciri dari norma adalah bersifat dinamis, artinya ....

    1. Rigid atau kaku

    2. Dapat diterima masyarakat dengan syarat tertentu

    3. Dapat mengalami perubahan sesuai perkembangan masyarakat

    4. Lingkup ruang yang sempit dan terbatas

  2. Hal yang menjadi latar belakang diperlukannya adanya norma dalam kehidupan adalah ....

  1. Suku yang berbeda

  2. Kepentingan yang berbeda- beda

  3. Hubungan manusia dalam memenuhi tujuan untuk kepentingannya

  4. Masyarakat yang majemuk

  1. Pelanggaran terhadap norma agama dapat berdampak pada diri sendiri dan juga orang lain. Salah satu perilaku yang dapat dipupuk agar terjaga dari sikapyang melanggar norma agama adalah ....

  1. Mempelajari agama yang berbeda

  2. Mengikuti perayaan agama lain

  3. Beribadah sesuai agama dan keyakinan masing- masing

  4. Membandingkan ajaran agama lain dengan agama yang dianutnya

  1. Di bawah ini pernyataan yang tepat tentang manfaatpenerapan norma agama bagi diri pribadi adalah ....

  1. Norma agama dapat membuat hidup lebih bahagia

  2. Norma agama dapat meningkatkan iman dan takwa

  3. Norma agama dapat mengajarkan kita mengerti keadaan orang lain

  4. D. Norma agama dapat memerlukan toleransi masyarakat

  1. Agar kita tidak melanggar norma maka kita dapat bersikap dan berperilaku ....

  1. Mempelajari agama yang berbeda

  2. Mengikuti perayaan agama lain

  3. Beribadah sesuai agama dan keyakinan masing- masing

  4. Membandingkan ajaran agama lain dengan agama yang dianutnya

  1. Penyelenggaraan negara oleh pemerintah agar sesuai dengan aturan yang berlaku maka harus berdasarkankepada norma ....

    1. Agama

    2. Kesusilaan

    3. Kesopanan

    4. Hukum

  2. Di bawah ini yang tidak termasuk dalam sifat norma hukum adalah ....

  1. Tegas dan nyata

  2. Memaksa

  3. Mengikat

  4. Fleksibel


  1. Agar tidak terjadi gesekan antaranggota keluarga di rumah, maka hal yang dilakukan adalah ....

  1. Beribadah tepat waktu

  2. Saling menghargai, menghormati, dan tolong menolong dengan sesama anggota keluarga yang lain

  3. Membersihkan rumah secara teratur

  4. Belajar sesuai jadwal

  1. Selain kewajiban siswa dalam mematuhi aturan sekolah, siswa juga akan mendapatkan haknya sebagai siswa, diantaranya sebagai berikut ini, kecuali ....

  1. Bertanya pada guru

  2. Menggunakan sarana belajar di sekolah

  3. Mengenakan pakaian seragam sekolah sesuai jadwal yang ditetapkan.

  4. Mendapatkan pelajaran

  1. Salah satu contoh bentuk toleransi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara adalah ....

  1. Tidak mau bergaul dan berbaur dengan suku lain

  2. Perasaan senasib sepenanggungan

  3. Kepentingan pribadi lebih penting daripada kepentingan golongan

  4. Menganggap suku sendiri lebih baik daripada suku lainnya

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 22-23!

Joni adalah anak yang sangat pandai di kelasnya, dia selalu mendapatkan nilai yang bagus. Pada saat guru wali kelas berhalangan dan tidak masuk kelas, dia selalu memanfaatkan waktu dengan belajar atau membaca buku usai menyelesaikan tugas yang diberikan guru. Joni sangat disiplin mengumpulkan tugas yang diberikan oleh gurunya. Di sekolah Joni jarang bermain hal-hal yag dianggap kurang penting, dia selalu memanfaatkan fasilitas sekolah untuk memperkaya ilmu dan mengasah keterampilan, seperti: membaca buku untuk mencari referensi di perpustakaan jika ada tugas dari guru, meminjam gitar sekolah pada jam istirahat, dan rutin mengikuti olahraga futsal pada kegiatan sore hari. Dia juga selalu melaksanakan piket kelas dengan baik. Joni selalu melunasi uang sekolah tepat waktu sehingga tidak pernah diusir dari sekolah untuk menagih uang pada orang tua. Joni sangat disayangi oleh guru dan menjadi panutan bagi teman-temannya.

  1. Berilah tanda centang (√) yang merupakan contoh hak dalam cerita di atas.

Joni mendapatkan nilai yang bagus

Joni selalu memanfaatkan fasilitas sekolah untuk memperkaya ilmu dan mengasah keterampilan

Joni menyelesaikan tugas yang diberikan guru tepat waktu

Joni selalu melunasi uang sekolah tepat waktu 

Joni sangat disayangi oleh guru

  1. Berilah tanda centang (√) yang merupakan contoh kewajiban dalam cerita di atas.

Joni adalah anak yang sangat pandai di kelasnya

Joni selalu memanfaatkan fasilitas sekolah untuk memperkaya ilmu dan mengasah keterampilan

Joni menyelesaikan tugas yang diberikan guru tepat waktu

Joni selalu melunasi uang sekolah tepat waktu 

Joni sangat disayangi oleh guru

  1. Berilah jawaban dengan memberikan tanda centang (√) pada pilihan yang benar. 

Pernyataan

Benar(√)

Salah(√)

Mengikuti pelajaran yang diberikan guru setiap hari dengan aman adalah contoh hak



Melaksanakan upacara bendera setiap hari Senin merupakan contoh kewajiban



Bentuk toleransi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara adalah merupakan contoh kewajiban



Menggunakan seragam sekolah sesuai jadwal yang ditetapkan merupakan contoh hak




  1. Untuk memperoleh keputusan bersama, maka dalam musyawarah harus .....

  1. Mementingkan kepentingan bersama dari kepentingan pribadi atau golongan

  1. Mementingkan kepentingan pribadi atau golongan daripada kepentingan bersama

  2. Mementingkan kelompok kita sendiri

  3. memperhatikan keputusan yang dianggap masuk akal

  1. Sikap yang harus dihindari untuk mewujudkan suatu kesepakatan atas permasalahan melalui musyawarah adalah ....

  1. Menyampaikan semua usulan yang sudah dicatat sebelumnya

  2. Memaksakan kehendak kepada anggota lain

  3. Mencatat hal- hal yang penting pada usulan anggotalain

  4. Memilih orang lain untuk berbicara dengan materi atau ide kita

  1. Sikap saling menghargai dan menghormati budaya daerah akan meningkatkan....

  1. Harga diri daerah

  2. Martabat bangsa

  3. Persatuan bangsa

  4. Kecintaan kepada daerah


  1. Musyawarah dilakukan untuk mencapai mufakat. Dalam proses musyawarah, setiap peserta memiliki hak untuk memberikan pendapatnya.Tidak jarang beberapa pendapat yang disampaikan saling bertentangan. Apa yang kamu lakukan jika terjadi pertentangan pendapat dalam musyawarah?







  1. Tuliskan tiga (3) contoh hak siswa di rumah!








  1. Tuliskan tiga (3) contoh kewajiban siswa di sekolah!














Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Analisis Berpikir dan Manfaafnya

Beberapa analisis berpikir yang sangat baik untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari: Analisis Berpikir Kritis 1. Pertanyaan 5W + 1H: S...

Populer